UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATEMATIKA KELAS IV SDN LABUHAN RATU IX TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0713053049, Ristiana (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATEMATIKA KELAS IV SDN LABUHAN RATU IX TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (162Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (782Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
C0VER.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
C0VER2.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTTO.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (114Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN Labuhan Ratu IX. Hasil belajar dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 55. Sehingga penulis menggunakan strategi belajar kelompok (Cooperative Learning), karena diyakini mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas serta meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang difokuskan pada situasi kelas. Penelitian ini berlangsung dengan tiga siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Penulis menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD yaitu pembelajaran yang menempatkan peserta didik dalam kelompok belajar beranggotakan empat atau lima orang yang merupakan campuran akademik yang berbeda, sehingga dalam setiap kelompok terdapat peserta didik yang berprestasi tinggi, sedang dan rendah, serta variasi jenis kelamin dan suku. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, melalui strategi Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN Labuhan Ratu IX. Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I adalah 52.70%, siklus II 67.83%, dan pada siklus III 84.43%. Begitu pula dengan hasil belajar matematika meningkat pada tiap siklusnya, rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 50.25, siklus II sebesar 63.75 sedangkan pada siklus III sebesar 66.00. Penggunaan strategi Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: aktivitas, hasil, matematika, Cooperative Learning tipe STAD.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:03
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17121

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir