0713053051, Septi Eva Yuliana PENGGUNAAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 4 RUKTI BASUKI LAMPUNG TENGAH. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (243Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (559Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 1.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (68Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa SD Negeri 4 Rukti Basuki Lampung Tengah. Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial masih berpusat pada guru (teacher centred), metode pembelajaran yang kurang relevan.Untuk itu, hasil belajar yang dicapai masih rendah (di bawah kriteria ketuntasan minimun yaitu 60). Memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai merupakan salah satu cara untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran IPS. Dengan demikian perlu diadakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara peneliti dengan guru di SD Negeri 4 Rukti Basuki kelas IV smester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 29, pada bulan April 2011. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Inkuiri pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 4 Rukti Basuki semester 2 Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan metode tindakan yang difokuskan pada situasi kelas yang lebih dikenal dengan classroom action reseach. Alat pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini digunakan instrumen, lembar observasi kinerja guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Dari hasil analisis data dan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dari siklus I sebesar 54,59%, siklus II sebesar 64,07%, siklus III sebesar 81,89%. Aktivitas guru pun menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 9,09%, siklus II 4,24%, siklus III 3,36%. Persentase hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 51,72%, siklus II adalah 75,86%, dan siklus III adalah 86,20%. Secara umum siswa telah mencapai indikator pembelajaran yang telah ditetapkan sehingga dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah yaitu 60. Kata Kunci : Metode Inkuiri, Aktivitas, dan Hasil Belajar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:03 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 03:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17124 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |