PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SISWA KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI 02 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010

061303041, Miramto (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SISWA KELAS VB SEKOLAH DASAR NEGERI 02 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digilib Library.

[img]
Preview
FIle PDF
061303041-abstrak.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
061303041-kesimpulan.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
061303041-pendahuluan.pdf

Download (31Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di kelas Vb SDN 02 Metro Timur menunjukkan masih rendahnya aktivitas dan pemahaman matematika siswa selama proses pembelajaran. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (56) berdasarkan hasil ujian semester ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010 baru mencapai 57,14%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan pembelajaran belum maksimal, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa menggunakan pendekatan Realistics Mathematic Education (RME). Penelitian ini dilaksanakan di kelas Vb SDN 02 Metro Timur Tahun Pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut sebesar 68,3 % (cukup aktif) ; 76,8 % (aktif) ; dan 77,8 % (aktif), yang berarti telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 8,5% pada siklus II dan 1% pada siklus III. Persentase tingkat ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut sebesar 42%, 69%, dan 86%, yang berarti telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27% pada siklus II dan 17 % pada siklus III. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan RME dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar matematika siswa kelas Vb SDN 02 Metro Timur Tahun Pelajaran 2009/2010.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:59
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 02:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17126

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir