PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA N 1 SUMBEREJO TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Pada Materi Pokok Sistem Pernafasan pada Manusia)

0543024019, INDAH KURNIA SARI (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA N 1 SUMBEREJO TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Pada Materi Pokok Sistem Pernafasan pada Manusia). Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
menyetujui.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194Kb) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan metode discovery pada materi Sistem Pernafasan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA semester genap SMA N 1 Sumberejo Tanggamus. 2) Pengaruh metode discovery pada system pernafasan terhadap aktivitas siswa kelas XI IPA semester genap SMA N 1 Sumberejo Tanggamus. Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sumberejo Tanggamus Tahun Pelajaran 2010/201 1. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang terpilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari pretes, postes dan lembar observasi keterampilan proses. Analisis data menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan metode discovery NGain siswa lebih tinggi dibandingkan tanpa menggunakan pendekatan metode discovery. Hasil analisis pada kelas eksperimen dan kontrol indikator keterampilan proses yang paling tinggi adalah klasifikasi. Sedangkan indikator yang paling rendah pada kelas eksperimen dan kontrol adalah prediksi. Pendekatan keterampilan proses sains juga berpengaruh terhadap aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran yaitu adanya peningkatan aktivitas dari pertemuan I ke pertemuan II dan pertemuan II ke pertemuan III dengan peningkatan rata-rata sebesar 3,53 poin. Secara umum peningkatan terjadi pada setiap indikator aktivitas yang diamati. Rata-rata aktivitas belajar siswa tertinggi adalah pada indikator klasifikasi sedangkan aktivitas belajar terendah adalah pada indikator prediksi. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) penggunaan metode discovery berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains pada materi pokok Sistem pernafasan pada manusia; keterampilan proses sains menggunakan metode discovery lebih berpengaruh dibandingkan dengan tanpa menggunakan metode discovery; 2) Aktivitas siswa pada materi pokok system pernafasan yang menggunakan metode discovery lebih berpengaruh signifikan daripada dengan menggunakan metode diskusi. Kata kunci : Metode discovery, system pernafasan pada manusia, keterampilan proses sains.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:16
Last Modified: 14 Jan 2016 03:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17148

Actions (login required)

View Item View Item