PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X3 DI SMA NEGERI 2 LIWA SEMESTER GANJIL TAHUN 2013-2014

Mansyur, Bambang Irawan (2014) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X3 DI SMA NEGERI 2 LIWA SEMESTER GANJIL TAHUN 2013-2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (212Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (118Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1121Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3358Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media audio visual dan lembar kerja siswa (LKS) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar geografi siswa kelas X3 SMA Negeri 2 Liwa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 2 Liwa dengan subjek penelitian adalah 39 siswa yang terdiri dari 24 putra dan 15 putri, peneliti, dan seorang guru geografi (observer). Data yang diambil berupa hasil observasi guru obsever di tiap siklus dengan panduan lembar observasi yaitu melakukan pengamatan kegiatan off task dan on task serta berdasarkan perbandingan nilai fre test dan post test dan nilai LKS siswa ditiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata aktivitas belajar geografi siswa 62,5% dan persentase ketuntasan prestasi belajar geografi siswadari nalai post test 55%, dan Nilai LKS mencapai 24 siswa atau 61,53%. Pada siklus II, nilai rata-rata aktivitas belajar geografi siswa meningkat menjadi 70% dan persentase ketuntasan prestasi belajar geografi siswa meningkat menjadi 74%, dan Nilai LKS yang tuntas adalah 29 siswa atau 74,35% . Dan pada siklus III, nilai rata-rata aktivitas belajar geografi siswa meningkat menjadi 85,6% dan persentase ketuntasan prestasi belajar geografi siswa meningkat menjadi 85% denngan nilai LKS yang tuntas sebanyak 33 siswa atau sebanyak 84,61%. Selanjutnya dapat disimpulan bahwa melalui penggunaan media audio visual dan lembar kerja siswa (LKS) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar geografi siswa kelas X3 SMA Negeri 2 Liwa. Oleh karena itu disarankan untuk pembelajaran selanjutnya agar menggunakan media audio visual dan LKS agar aktivitas dan prestasi belajar geografi siswa meningkat. Kata Kunci: Media audio visual, lembar kerja siswa, aktivitas dan prestasi

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 06:34
Last Modified: 28 May 2014 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item