0813022033, Hervin Maulina (2012) PENGEMBANGAN ALAT PERCOBAAN FISIKA MATERI INTERFERENSI CAHAYA. Digital Library.
|
File PDF
1. Cover Luar.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2a. Abstrak.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2b.ABSTRACT.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover Dalam.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Menyetujui.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Mengesahkan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. surat pernyataan.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Riwayat Hidup.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. Motto.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. Persembahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwacana.pdf Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab I.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab II.pdf Download (575Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab III.pdf Download (255Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (328Kb) |
||
|
File PDF
Bab V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf Download (97Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai positif dengan memanfaatkan media sebagai sumber untuk belajar. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembelajaran dan dapat dipandang sebagai salah satu alternatif strategi efektif dalam membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Sebagai upaya untuk memenuhi kekurangan sumber belajar bagi guru dan siswa, terutama kesulitan siswa dalam memahami konsep interferensi cahaya, telah dikembangkan media pembelajaran berupa alat percobaan interferensi cahaya agar proses belajar siswa menjadi lebih mudah, efektif, dan menarik dengan menerapkan metode demonstrasi maupun metode eksperimen. Pengembangan alat percobaan interferensi cahaya mengadaptasi model pengembangan media pembelajaran dari prosedur pengembangan menurut Rayanda Asyhar sebagai acuan. Mengacu pada model pengembangan tersebut yang meliputi: analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, perumusan tujuan Hervin Maulina ii pembelajaran, perumusan butir-butir materi, penyusunan instrumen evaluasi, penulisan naskah media berupa spesifikasi pengembangan produk, produk awal, validasi ahli yang dilakukan oleh pakar dan guru fisika, uji coba lapangan yang terdiri dari uji coba satu lawan satu dan kelompok kecil, dan produk akhir berupa alat percobaan interferensi cahaya yang dilengkapi dengan LKS dan buku siswa. Hasil uji ahli menunjukkan alat percobaan yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji lapangan menunjukkan alat percobaan dan LKS efektif digunakan sebagai media pembelajaran baik secara mandiri maupun berkelompok. Tahap pengujian satu lawan satu dan kelompok kecil, dilakukan terhadap 8 siswa dan 30 siswa kelas XII IPA SMAN 1 Kotagajah Tahun 2011/2012 sebagai pengguna menunjukkan kualitas alat percobaan interferensi cahaya: sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Kata kunci: penelitian pengembangan, alat percobaan, dan interferensi cahaya. Abstract Learning is an activity that involves a person in an effort to acquire knowledge, skills, and positive values by utilizing the media as a source for learning. The use of instructional media is one very important component in learning and can be viewed as an alternative effective strategy in helping the achievement of learning objectives. In an effort to meet the shortage of learning resources for teachers and students, especially students' difficulties in understanding the concept of interference of light, has developed instructional media in the form of light interference props for student learning becomes easier, effective, and attractive by applying the method of demonstration and experimental methods. Development of light interference experimental props adapting instructional media development model of development according to the procedure Rayanda Asyhar as a reference. Referring to the model of development which include: analysis of needs and characteristics of students, formulating learning goals, the formulation of grains of material, preparation of evaluation instruments, script Hervin Maulina iv writing specifications in the form of media product development, initial product, expert validation by experts and teachers of physics, the test try field trials consisting of one-on-one and small groups, and the final product in the form of light interference props that come with student worksheets and books. Expert test results show that experimental props that have been developed in accordance with the theory and fit for use as a medium of learning. Field test results demonstrate effective teaching aids and worksheets used as a medium of learning either independently or in groups. Testing phase one on one and small group, carried out against 8 students and 30 students in grade XII IPA SMAN 1 Kotagajah Year 2011/2012 as the user indicates the quality of light interference props: very attractive, very easy to use, and very useful. Key words: research development, experimental props, and interferenece of light.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | tik 14 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:24 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 03:24 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17178 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |