0513023013, Agil Lukman Hakim PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP KOLOID (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA 5 SMA YP Unila Bandar Lampung TP 2009-2010). Digital Library.
|
File PDF
COVER.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3872b) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (6Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (19Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (10Mb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (171Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran kimia diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep kimia siswa kelas XI IPA 5 di SMA YP Unila tahun pelajaran 2008-2009 pada materi pokok koloid yaitu 58. Siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 yaitu 49%, sementara Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di SMA YP Unila yaitu 100% siswa memperoleh nilai ≥ 65. Selama proses pembelajaran, aktivitas siswa sebagian besar adalah mendengar dan mencatat definisi yang telah diberikan guru. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi pokok sistem koloid yaitu pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan (1) persentase setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata penguasaan konsep, (3) persentase ketuntasan belajar siswa pada materi pokok sistem koloid dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA YP Unila yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan (1) pada setiap jenis aktivitas on task siswa dari siklus I ke siklus II yaitu menjawab pertanyaan dari guru sebesar 9,99 %, bertanya kepada guru sebesar 9,99 %, aktif dalam diskusi kelompok sebesar 31,43 %, mengemukakan pendapat sebesar 8,57 % dan menjawab LKS dengan benar sebesar 8,57 %. Dari siklus II ke siklus III yaitu menjawab pertanyaan dari guru sebesar 10,01 %, bertanya kepada guru sebesar 10,01 %, aktif dalam diskusi kelompok sebesar 12,86 %, mengemukakan pendapat sebesar 10 % dan menjawab LKS dengan benar sebesar 10 %; (2) penguasaan konsep siswa dari siklus I sampai siklus II sebesar 22,93 %, yaitu dari 68,57 menjadi 84,29 dan dari siklus II ke siklus III sebesar 8,47 %, yaitu dari 84,29 menjadi 91,43; dan (3) ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 34,28% yaitu dari 62,86 % menjadi 97,14 % dan dari siklus II ke siklus III meningkat sebesar 2,86 % yaitu dari 97,14 % menjadi 100 %. Kata kunci:kooperatif teknik kancing geme
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:36 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 02:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17185 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |