, Dimas Permadi (2013) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI TERMODINAMIKA. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (1663Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (1637Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (4Mb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (518Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (291Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (282Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (80Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (5Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pemahaman siswa mengenai materi bukan hanya pada satu representasi, melainkan dalam banyak representasi. Selain itu, pada dasarnya setiap individu siswa memiliki karakter dan cara belajar yang berbeda yang mempengaruhi siswa untuk dapat memahami suatu materi. Dalam penelitian pengembangan ini dibuat modul yang menampilkan materi dalam banyak bentuk yang dapat disebut modul berbasis multi representasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul multi representasi dengan materi termodinamika yang ditujukan kepada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tumijajar sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian yang diadaptasi dari Sugiyono dan prosedur pengembangan media pembelajaran Sadiman dkk. Prosedur pengembangan modul ini meliputi: identifikasi kebutuhan, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir materi, menyusun alat pengukur keberhasilan, menyusun naskah media, melakukan validasi ahli, melakukan uji coba, dan produk akhir. Hasil uji validasi ahli menyatakan produk ini layak dan siap untuk uji coba lapangan. Uji coba lapangan, uji satu lawan satu dilakukan terhadap 2 orang siswa dan uji lapangan dilakukan terhadap 25 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tumijajar. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa modul multi representasi materi termodinamika memiliki kualitas menarik, memudahkan, dan bermanfaat. Selain itu, dari hasil uji efektivitas menyatakan modul ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah modul berbasis multi representasi pada materi termodinamika. Modul ini menyajikan banyak representasi dengan susunan penyajian diawali dengan gambar ilustrasi atau grafik, dilanjutkan representasi verbal, persamaan matematika, verbal, dan analogi. Kata kunci: modul, multi representasi, penelitian pengembangan, dan termodinamika.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 May 2014 06:39 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 06:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1720 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |