, Dita Haryaningtias (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TUTORIAL MATERI GAYA, HUKUM NEWTON DAN PESAWAT SEDERHANA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
2. Cover Dalam.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. Abstrak.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Persetujuan.pdf - Published Version Download (1607Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Mengesahkan.pdf - Published Version Download (1543Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5, Surat Pernyataan.pdf - Published Version Download (623Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Daftar Isi.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf - Published Version Download (332Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf - Published Version Download (77Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1261Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (18Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil analisis kebutuhan dan hasil pengalaman peneliti saat PPL, ketersediaan sumber belajar utama siswa masih bergantung pada guru. Kegiatan belajar siswa yang umumnya hanya mengandalkan buku cetak sebagai media pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik serta mengalami kesulitan terhadap pembelajaran fisika khususnya materi gaya, hukum newton dan pesawat sederhana. Untuk itu, diperlukan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa serta memudahkan siswa dalam memahami pelajaran fisika. Multimedia interaktif tutorial dapat menjadi solusi keterbatasan media serta dapat menarik perhatian siswa. Didukung dengan hasil observasi yang memiliki fasilitas mendukung untuk melakukan pembelajaran multimedia interakti tutorial, terlebih lagi dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat mendorong siswa untuk aktif belajar. Mempertimbangkan masalah tersebut, maka peneliti bermaksud mengembangkan multimedia interaktif tutorial materi gaya, hukum newton dan pesawat sederhana dengan menggunakan pendekatan kontekstua. Dita Haryaningtias ii Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari pengembangan media pendidikan menurut sadiman yang meliputi analisis kebutuhan, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, menyusun alat ukur keberhasilan, menyusun naskah, melakukan validasi ahli, melakukan uji coba dan revisi, dan produksi naskah. Hasil uji ahli menunjukan media yang dikembangkan telah sesuai dengan komponen pendekatan kontekstual, teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji satu lawan satu memperlihatkan bahwa siswa dapat memperlajari media dengan baik. Hasil uji lapangan menunjukan bahwa kualitas media sangay menarik, sangat mudah digunakan, dan sangan bermanfaat serta efektif digunakan sebagai media pelajaran. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan multimedia interaktif tutorial materi gaya, hukum newton dan pesawat sederhana dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas sangat menarik, sangat mudah, sangat bermanfaat dan dinyatakan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: pengembangan multimedia, media interaktif tutorial, pendekatan kontekstual
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 May 2014 06:39 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 06:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1721 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |