ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

0743022009, CAHYO AGUS SETAWAN (2012) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (GENERATIVE LEARNING) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Menyetujui.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf

Download (3831b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (3903b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (272Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KARTU KENDALI.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (287Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (442Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran dan berfungsi efektif dalam semua aspek kehidupan lainnya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, (2) Interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan kognitif awal siswa, (3) Perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan kognitif tinggi dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, dan (4) Perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan kognitif rendah dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung. Cahyo Agus Setiawan ii Penelitian dilakukan di SMAN 5 Bandar Lampung, menggunakan dua kelas yaitu kelas ekperimen (kelas XI IPA 3) dengan jumlah sampel 37 siswa dan kelas kontrol (XI IPA 2) dengan sampel 33 siswa menggunakan desain faktorial. Pada awal penelitian diberikan pretest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum pembelajaran dan kemampuan kognitif siswa yang kemudian dikategorikan menjadi siswa dengan kemampuan kognitif tinggi dan kemampuan kognitif rendah. Setelah tiga kali pertemuan tatap muka dengan menggunakan pembelajaran generatif pada kelas eksperimen dan pembelajaran langsung (direct instructttion) pada kelas kontrol, diberikan soal posttest untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran. Sehingga diperoleh data interaksi siswa dalam pembelajaran, kemampuan kognitif siswa, dan N-gain kemampuan berpikir krtis siswa yang kemudian diolah dengan analisis variansi dan uji perbandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, (2) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan kognitif awal siswa, (3) Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan kognitif tinggi dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, dan (4) Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan kemampuan kognitif rendah dalam proses pembelajaran fisika dengan penerapan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung. Kata kunci : kemampuan kognitif, model pembelajaran generatif dan model pembelajaran langsung, dan kemampuan berpikir kritis.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:16
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17229

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir