, FAJAR SWASONO (2013) PENGEMBANGAN ALAT KONVERSI ENERGI SEBAGAI ALAT PERAGA MATERI PERUBAHAN ENERGI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERYATAAN.pdf - Published Version Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (258Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (238Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (369Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (7Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Alat peraga sebagai salah satu sumber belajar memiliki peran penting dalam proses pembelajaran digunakan untuk membantu guru agar lebih efektif dan efieisen, dan memberikan motivasi agar siswa lebih tertarik saat proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah research and development atau penelitian dan pengembangan. Metode penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk. Pengembangan alat peraga ini mengadaptasi model pengembangan menurut Sadiman. Model pengembangan tersebut meliputi: analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, perumusan tujuan pembelajaran, perumusan butir-butir materi penyusunan instrumen evaluasi, penulisan naskah media berupa spesifikasi pengembangan produk, produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan yang terdiri dari uji coba satu lawan satu dan kelompok kecil, dan produk akhir berupa alat peraga konversi energi yang dilengkapi dengan LKS. Hasil uji ahli menunjukkan alat peraga sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai alat peraga pembelajaran. Hasil uji lapangan menunjukkan alat peraga dan LKS efektif digunakan sebagai media pembelajaran (100 % siswa tuntas KKM) Fajar Swasono baik secara mandiri atau berkelompok. Tahap pengujian satu lawan satu dan kelompok kecil, dilakukan terhadap 2 siswa dan 10 siswa SMP kelas VIII sebagai pengguna menunjukkan kualitas alat peraga konversi energi: sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Kata kunci: penelitian pengembangan, alat peraga dan LKS perubahan energi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 May 2014 07:07 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 07:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1723 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |