PENGEMBANGAN ALAT KONVERSI ENERGI SEBAGAI ALAT PERAGA MATERI PERUBAHAN ENERGI

, FAJAR SWASONO (2013) PENGEMBANGAN ALAT KONVERSI ENERGI SEBAGAI ALAT PERAGA MATERI PERUBAHAN ENERGI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERYATAAN.pdf - Published Version

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (258Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (238Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (369Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (7Mb)

Abstrak

Alat peraga sebagai salah satu sumber belajar memiliki peran penting dalam proses pembelajaran digunakan untuk membantu guru agar lebih efektif dan efieisen, dan memberikan motivasi agar siswa lebih tertarik saat proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah research and development atau penelitian dan pengembangan. Metode penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk. Pengembangan alat peraga ini mengadaptasi model pengembangan menurut Sadiman. Model pengembangan tersebut meliputi: analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, perumusan tujuan pembelajaran, perumusan butir-butir materi penyusunan instrumen evaluasi, penulisan naskah media berupa spesifikasi pengembangan produk, produk awal, validasi ahli, uji coba lapangan yang terdiri dari uji coba satu lawan satu dan kelompok kecil, dan produk akhir berupa alat peraga konversi energi yang dilengkapi dengan LKS. Hasil uji ahli menunjukkan alat peraga sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai alat peraga pembelajaran. Hasil uji lapangan menunjukkan alat peraga dan LKS efektif digunakan sebagai media pembelajaran (100 % siswa tuntas KKM) Fajar Swasono baik secara mandiri atau berkelompok. Tahap pengujian satu lawan satu dan kelompok kecil, dilakukan terhadap 2 siswa dan 10 siswa SMP kelas VIII sebagai pengguna menunjukkan kualitas alat peraga konversi energi: sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Kata kunci: penelitian pengembangan, alat peraga dan LKS perubahan energi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 28 May 2014 07:07
Last Modified: 28 May 2014 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item View Item