UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR LARI PADA LARI CEPAT MELALUI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V.A DI SD. NEGERI 1 BAKUNG BANDAR LAMPUNG

0913068020, Taal (2011) UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR LARI PADA LARI CEPAT MELALUI ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V.A DI SD. NEGERI 1 BAKUNG BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
moto.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab i.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab ii.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab iii.pdf

Download (358Kb) | Preview
[img] File PDF
bab iv.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (150Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab v.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (60Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberian alat bantu pembelajaran berupa : Tali karet dan Tangga modifikasi serta Kardus rintangan dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari cepat (sprint) pada siswa kelas V.A di SD. Negeri 1 Bakung Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kaji tindak (Action Research), yaitu putaran bersepiral (Self Reflective Spiral) yang dirancang secara: (a) Rencana tindakan, (b) Pelaksanaan tindakan, (c) Observasi, (d) Refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, dari siklus pertama dan seterusnya hanya bersifat mengulang dan merubah alat bantu dari siklus sebelumnya. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V.A. di SD Negeri 1 Bakung Bandar Lampung dengan jumlah siswa 36 orang, terdiri dari 17 siswa putra dan 19 siswa putri, dengan pertimbangan bahwa kelas tersebut merupakan kelas yang dikategorikan rendah terhadap pembelajaran gerak dasar lari cepat (sprint) . Hasil Tes awal sebelum tindakan siswa yang memperoleh nilai ≥65 adalah sebanyak 10 siswa yaitu 6 siswa putra dan 4 siswa putri atau sebesar 27,78 % Kemudian setelah diadakan tindakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing siklus terdapat peningkatan, yaitu: Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥65 sebanyak 13 siswa yaitu 7 siswa putra dan 6 siswa putri atau 36,11%. Ada peningkatan sebesar 8,33 % dibandingkan pada tes awal atau sebelum tindakan. Kemudian pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥65 sebanyak 19 siswa yaitu 9 siswa putra dan 10 siswa putri atau 52,78 % ada penipngkatan sebesar 16,67 % dibanding pada siklus I. Sedangkan pada siklus III siswa yang memperoleh nilai ≥65 sebanyak 34 siswa yaitu 16 siswa putra dan 18 siswa putri atau 94,44%. Berarti ada peningkatan sebesar 41,66 % dibandingkan pada siklus II Perhitungan akhir dari tes awal atau sebelum tindakan ke siklus III adalah 66,66 % Bila hasil perhitungan meningkat atau mencapai 50 % ke atas maka tindakan yang dilakukan dinyatakan efektif. Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lari cepat (sprint) pada siswa kelas V.A di SD. Negeri 1 Bakung Telukbetung Barat Bandar Lampung

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:25
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17231

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir