PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0743031035, Rofiqoh (2012) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (269Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (427Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (410Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK. Keterampilan mengajar adalah suatu teknik atau metode yang harus dikuasai dan diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan harapan. Apabila dalam belajar mengajar guru tidak menguasai bahan yang mau diajarkan dan tidak menerapkan keterampilan-keterampilan dasar mengajar guru, tidak mustahil siswa akan mengalami kesulitan dalam menyerap dan menguasai mata pelajaran ekonomi yang diajarkan. Karena hasil belajar siswa sangat berpengaruh besar terhadap keterampilan mengajar guru. Motivasi belajar siswa juga diperlukan dalam pencapaian keberhasilan pendidikan. Seorang berhasil belajar karena ia ingin belajar. Ini adalah hukum pertama dalam pendidikan. Barangkali kita dapat mengajar seseorang mengenai sesuatu yang bertentangan dengan kehendaknya, tetapi berbuat demikian seolah-olah mendorong sebuah kereta mendaki gunung dengan rem terkunci. Dorongan untuk belajar ini oleh ahli-ahli psikologi dan pendidikan disebut motivasi. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2010/2011, dapat dikatakan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh siswa tersebut masih tergolong rendah, tinggi rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pada penelitian ini faktor-faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar diantaranya adalah keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 76 siswa. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua digunakan regresi linier sederhana sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1. Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan t hitung sebesar 5,309 > t tabel sebesar 1,990 dengan koefisien korelasi 0,525 dengan kadar diterminasi sebesar 0,276 yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru sebesar 27,6%. 2. Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan t hitung sebesar 8,256 > t tabel sebesar 1,990 dengan koefisien korelasi 0,692 dengan kadar diterminasi sebesar 0,479 yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru sebesar 47,9 %. 3. Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2010/2011 , dengan F hitung sebesar 34,569 > F tabel sebesar 3,125 dengan koefisien korelasi 0,697 dengan kadar diterminasi sebesar 0,486 yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa sebesar 48,6%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:16
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17238

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir