HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL, MOTIVASI KERJA DAN PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG ( Tesis)

0723011049, MARSITHO (2012) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL, MOTIVASI KERJA DAN PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SMP DI KOTA BANDAR LAMPUNG ( Tesis). Digital Library.

[img]
Preview
Text
0723011049-abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi profesional, motivasi kerja dan persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP di Kota Bandar Lampung. Secara khusus untuk mengetahui hubungan antara 1) kompetensi profesional dengan kinerja guru, 2) motivasi kerja dengan kinerja guru, 3) persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, 4) kompetensi profesional, motivasi kerja dan persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan dengan populasi sebanyak 168 orang guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMP di Bandar Lampung sejak bulan Desember 2009 sampai April 2010, dengan sampel 42 responden. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrument: untuk kompetensi profesional (variabel X1) menggunakan tes, untuk motivasi, persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru menggunakan kuesioner/angket. Analisis tes dilakukan dengan SPSS (Statistical Product Solution System) 17.00 dengan hasil sampel data pada distribusi normal. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan yang positif, erat, dan signifikan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,724 dengan interpretasi ada kecenderungan semakin profesional akan semakin baik kinerjanya, (2) terdapat hubungan yang positif, erat, dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,698 dengan interpretasi memiliki hubungan yang sedang/cukup, (3) terdapat hubungan yang positif, erat dan signifikan antara persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,588 dengan interpretasi memilki hubungan yang sedang/cukup, dan (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara kompetensi profesional, motivasi kerja dan persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru memiliki koefisien korelasi sebesar 0,837. dengan intepretasi memiliki hubungan korelasi yang kuat. Kata kunci: kompetensi profesional, motivasi kerja, persepsi guru, kepemimpinan, Kinerja Guru

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: tik13 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:22
Last Modified: 14 Jan 2016 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17243

Actions (login required)

View Item View Item