PRENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA

1013101002, Susanto (2012) PRENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
halaman persembahan.pdf

Download (3709b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
lembar persetujuan.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan skripsi.pdf

Download (3869b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab1.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab2.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab3.pdf

Download (443Kb) | Preview
[img] File PDF
bab4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (299Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab5.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (155Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas VII2 SMPN 1 Kedondong disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa. Pembelajaran yang monoton atau yang hanya menggunakan metode ceramah di kelas, siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran membuat siswa kurang menyukai pelajaran fisika. Dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah dapat memberikan pengalaman bagi siswa agar dapat benar-benar memahami materi yang diberikan karena siswa benar-benar mengalami proses belajar melalui tahapan pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa, dan mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VII2 SMPN 1 Kedondong Tahun Pelajaran 201 1/2012. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan cara memberi kesempatan kepada siswa melalui eksperimen dan mempresentasikan hasil eksperimen, dan guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan Susanto berkaitan dengan topik pembelajaran yang disampaikan untuk meningkatakan hasil belajar. Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah. Pada saat siswa mengerjakan LKK guru selalu membimbing siswa dalam merumuskan masalah, menelaah masaalah, dan merumuskan hipotesis. Kemudian guru meminta siswa untuk mengumpulkan dan mengelompokkan data. Melalui data tersebut siswa dapat membuktikan hipotesis dan siswa menentukan penyelesaian atas permasalahan yang diberikan. Kemudian siswa menyimpulkan hasil pengamatannya dan mempresentasikannya di depan kelas. Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:25
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17245

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir