1013116006, HINDARNI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR LATAR DALAM CERPEN MELALUI TEKNIK MASYARAKAT BELAJAR PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Digital Library.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi1.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (211Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (333Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Masalah penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan menentukan unsur latar dalam cerpen memalui teknik masyarakat belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Banyumas tahun pelajaran 2010-2011. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada siklus kesatu, pembelajaran menentukan unsur latar dalam cerpen melalui teknik masyarakat belajar, begitu juga pada siklus kedua dan siklus ketiga. Aspek yang diamati pada tiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru, serta proses pembelajaran menentukan unsur latar dalam cerpen melalui teknik masyarakat belajar. Hindarni Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan unsur latar dalam cerpen setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa 49.90 dengan persentase ketuntasan 10%, siswa yang mencapai KKM 24 siswa dan yang tidak mencapai KKM 16 siswa. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa 69,60 dengan persentase ketuntasan 62,5%, siswa yang mencapi KKM 25 siswa dan yang tidak mencapai KKM 15 siswa. Pada siklus III, nilai rata-rata siswa 83,80 dengan persentase ketuntasan 87,5%, siswa yang mencapi KKM 35 siswa dan yang tidak mencapai KKM 5 siswa. Dari ketiga siklus yang diterapkan, terjadi peningkatan kemampuan siswa menentukan unsur latar dalam cerpen.Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 19,70, peningkatan persentasenya 52,5% dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 siswa. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus II ke siklus III sebesar 14,20 dengan persentase 25%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) diketahui bahwa kemampuan menentukan unsur latar dalam cerpen melalui teknik masyarakat belajar yang diterapkan dapat meningkat kemampuan menentukan unsur latar dalam cerpen pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Banyumas Kabupaten Pringsewu.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | tik 14 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:25 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 03:25 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17258 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |