, Mitha Pratiwi Mahardika (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA MATERI CAHAYA SISWA SMP NEGERI 1 NATAR T.P. 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (3140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (1790Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (3251Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (181Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (290Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (303Kb) |
||
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (87Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3185Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Mata pelajaran fisika dikalangan siswa dianggap salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Berbagai inovasi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk model pembelajaran telah banyak membantu guru menyajikan materi fisika dengan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Beragamnya model pembelajaran memaksa guru lebih selektif memilih model yang tepat sesuai materi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini membandingkan hasil belajar dua model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Exclusive dengan model DI dan untuk mengetahui model manakah yang rata-rata hasil belajarnya lebih tinggi. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Natar pada semester genap T.P. 2012/2013 sedangkan sampel penelitiannya yaitu siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII F sebagai kelas eksperimen 2 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Mitha Pratiwi Mahardika Desain penelitian menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar kognitif menggunakan skor gain ternormalisasi, sedangkan data hasil belajar afektif dan psikomotor menggukan persentase perolehan nilai. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test diperoleh bahwa nilai t hitung pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor berturut-turut yaitu 3.35, 4.26, dan 9.47 lebih besar dari t tabel yaitu 2.04, artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara model pembelajaran Exclusive dengan model DI. Secara keseluruhan, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Exclusive lebih tinggi dibandingkan dengan kelas DI sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajan dengan model pembelajaran Exclusive lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran dengan model DI. Kata kunci : Model pembelajaran Exclusive, model Direct Instruction (DI), dan hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 28 May 2014 07:08 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 07:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1726 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |