PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA MATERI CAHAYA SISWA SMP NEGERI 1 NATAR T.P. 2012/2013

, Mitha Pratiwi Mahardika (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA MATERI CAHAYA SISWA SMP NEGERI 1 NATAR T.P. 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (1790Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (3251Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (181Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (290Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (303Kb)
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3185Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Mata pelajaran fisika dikalangan siswa dianggap salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Berbagai inovasi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk model pembelajaran telah banyak membantu guru menyajikan materi fisika dengan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Beragamnya model pembelajaran memaksa guru lebih selektif memilih model yang tepat sesuai materi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini membandingkan hasil belajar dua model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Exclusive dengan model DI dan untuk mengetahui model manakah yang rata-rata hasil belajarnya lebih tinggi. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Natar pada semester genap T.P. 2012/2013 sedangkan sampel penelitiannya yaitu siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII F sebagai kelas eksperimen 2 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Mitha Pratiwi Mahardika Desain penelitian menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar kognitif menggunakan skor gain ternormalisasi, sedangkan data hasil belajar afektif dan psikomotor menggukan persentase perolehan nilai. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test diperoleh bahwa nilai t hitung pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor berturut-turut yaitu 3.35, 4.26, dan 9.47 lebih besar dari t tabel yaitu 2.04, artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara model pembelajaran Exclusive dengan model DI. Secara keseluruhan, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Exclusive lebih tinggi dibandingkan dengan kelas DI sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajan dengan model pembelajaran Exclusive lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran dengan model DI. Kata kunci : Model pembelajaran Exclusive, model Direct Instruction (DI), dan hasil belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 28 May 2014 07:08
Terakhir diubah: 28 May 2014 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1726

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir