PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN KOGNITIF MELALUI MEDIA REALIA TK NEGERI PEMBINA METRO PUSAT TP. 2010/2011

0923011006, ASTUTININGSIH (2012) PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN KOGNITIF MELALUI MEDIA REALIA TK NEGERI PEMBINA METRO PUSAT TP. 2010/2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0923011006-abstract.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011006-abstrak.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011006-kesimpulan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011006-pendahuluan.pdf

Download (133Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendiskripsikan penyusun perencanaan kegiatan harian 2) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media realia 3) Mendiskripsikan sistem evaluasi hasil belajar dengan menggunakan media realia 3)Mendiskripsikan peningkatan kemampuan berbahasa dan kognitif dengan menggunakan media realia. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas di TK Negeri Pembina Metro Pusat TP. 2010/2011 dengan subyek anak kelompok B1 dan B2. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi unjuk kerja. Tindakan siklus I menggunakan media realia berupa bunga, buah dan daun, siklus II menggunakan media tanaman obat keluarga, pada siklus III menggunakan media binatang kelinci, burung dara serta media lain yang relevan. Kesimpulan penelitian adalah 1) Peningkatan penilaian rencana kegiatan harian siklus I: 3,38 (kurang baik), siklus II: 4,00 (baik) dan siklus III: 4,88(sangat baik) 2) Proses pelaksanaan pembelajaran ditunjukkan dengan peningkatan persentase aktifitas unjuk kerja, kelompok B1 siklus I: 40,74%, siklus II 74,07% dan siklus III 100%. Persentase aktifitas kelompok B2 64.00%, siklus II 92.00% dan siklus III 100% 3) Validitas instrumen tes 0,857 (sangat tinggi) dan reliabilitas instrumen 0,85 (sangat tinggi), reliabilitas tes siklus I: 0,940 (sangat tinggi), siklus II: 0,908 (sangat tinggi), siklus III: 0,87 (sangat tinggi), 4) Skor ketuntasan kemampuan berbahasa dan kognitif mengalami peningkatan, untuk kelompok B1: siklus I: 29,63%, siklus II: 59,26% dan siklus III: 96,30% dan kelompok B2 : siklus I: 28,00%, siklus II: 68,00% dan siklus III: 100%. Kata Kunci: Kemampuan berbahasa dan kognitif, media realia Abstract The purpose of this research are: 1) to describe the planing daily activities 2) to describe the implementation of learning by using realia media 3) to describe the evaluation system of learning result by using realia media 4) to describe improvement language skills and cognitive by using realia media This study used action research conducted in the Kindergarten Pembina Metro Pusat for the school year 2010/2011 with the subject children B1 dan B2 groups. The implementation of cycle I used realia media with: flowers, fruits and leaves, cycle II used herbal medicine family and cycle III used animals, like: rabbit, pigeon and other releven media. The conclusion of this research are: 1) improving assessment of daily activity plan from the cycle I: 3,38 (not good), cycle II: 4,00 (good) and cycle III: 4,88 (very good) 2) The learning implementation as indicated by improving percentage of performace activities , group B1 cycle I: 40.74%, 74.07%, second cycle and third cycle of 100%. Percentage of B2 group activity 64.00%, 92.00% and the second cycle third cycle 100%. 3) Validity tests instrument score is 0,857 (very high) and the reliability tests instrumrn score is 0,85 (very high), reliability test cycle I: 0.940 (very high), Cycle II: 0.908 (very high), cycle III: 0.87 (very high), 4) The result score of improving langauge and cognitive has increased to group B1: cycle I: 29,63%, cycle II: 59,26% and cycle III: 96,30% and group B2: cycle I: 28,00%, cycle II: 68,00% and cycle III: 100%. Keywords: language and cognitive ability, media realia

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:25
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17274

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir