PENINGKATAN KEMAMPUAN PENULISAN NOTASI BALOK MELALUI PENGGUNAAN PERALATAN KOMPONIS PADA SISWA SMAN 9 BANDAR LAMPUNG

0923011017, DONI DHIMAS PRASETIYO (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENULISAN NOTASI BALOK MELALUI PENGGUNAAN PERALATAN KOMPONIS PADA SISWA SMAN 9 BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0923011017-abstract.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011017-abstrak.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011017-kesimpulan.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011017-pendahuluan.pdf

Download (262Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sistem evaluasi, serta peningkatan kemampuan penulisan notasi balok menggunakan peralatan komponis. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Siklus pertama menggunakan peralatan komponis berupa alat musik dan kertas paranada. Siklus kedua menggunakan peralatan tambahan berupa metronome. Siklus ketiga menggunakan software komputer untuk menulis notasi balok yaitu program encore. Kesimpulan analisis dari penelitian adalah (1) Perencanaan pada siklus 1 memperoleh penilaian sebesar 3.69, siklus 2 memperoleh penilaian sebesar 4.14, dan siklus 3 memperoleh penilaian sebesar 4.64. (2) Aktivitas siswa kelas XI IPA 6 yang tergolong aktif dalam pembelajaran pada siklus 1 sebanyak 19 siswa (59.38%), siklus 2 sebanyak 25 siswa (78.13%), dan siklus 3 sebanyak 28 siswa (87.50%). Sedangkan aktivitas siswa kelas XI IPA 5 yang tergolong aktif dalam pembelajaran pada siklus 1 sebanyak 17 siswa (53.13%), siklus 2 sebanyak 24 siswa (75.00%), dan siklus 3 sebanyak 27 siswa (84.38%). (3) Sistem evaluasi menggunakan instrumen penilaian non tes yang mengacu pada indikator penilaian yang telah divalidasi oleh tiga orang reter. Hasil penghitungan reliabilitas yang didapat adalah 0.857. (4) Peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11.07%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat sebesar 19.24%. Sedangkan pada siswa kelas XI IPA 5 dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6.34%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat sebesar 13.68%. Abstract This study aims to describe the learning plan, learning implementation, evaluation systems, and improvement of writing skills using the beam notation composer equipment. This study uses classroom action research conducted in 3 cycles. The first cycle of useof equipment and composer of musical stave paper. The second cycle uses ametronome additional equipment. The third cycle using computer software to write the program encore notation beam. Conclusion The analysis of the study were (1) Planning in cycle 1 obtained rating of 3.69, cycle 2 obtained a rating of 4:14, and cycle 3 obtained a rating of 4.64. (2) Activities student XI IPA 6, which pertained active in learning the cycle 1 were 19 students (59.38%), cycle 2 as many as 25 students (78.13%), and cycle 3 as many as 28students (87.50%). While the activities of student XI IPA 5, which is active in the learning belonging to the cycle 1 consisted of 17 students (53.13%), cycle 2 were 24 students (75.00%), and cycle 3 as many as 27 students (84.38%). (3) evaluation system using non test assessment instruments which refers to the assessment indicators that have been validated by three reter. Reliability calculation results obtained is 0857. (4) Improving learning outcomes student XI IPA 6 of cycle 1 to cycle 2 at 11:07%, from cycle 2 tocycle 3 an increase of 19:24%. While in class XI IPA 5 of cycle 1 to cycle 2 at 6:34%, from cycle 2 to cycle 3 increased by 13.68%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:26
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17285

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir