PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X SMAN 7 BANDAR LAMPUNG 2010 / 2011

0923011024, HASTUTI JAYANEGARA (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X SMAN 7 BANDAR LAMPUNG 2010 / 2011. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0923011024-abstract.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011024-abstrak.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011024-kesimpulan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0923011024-pendahuluan.pdf

Download (24Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; (1) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Pelaksanaan pembelajaran, (3) Sistem evaluasi, (4) Peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD). Tempat penelitian di SMAN 7 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Siklus I dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, siklus II pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media OHP, siklus III pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media OHP dan lembaran uraian materi yang berisikan ringkasan uraian guru. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes bentuk uraian. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) Penyusunan kualitas RPP pelajaran matematika berdasarkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan lembar penilaian RPP, diperoleh hasil; nilai RPP siklus 1 yaitu 2,97 nilai RPP siklus 2 yaitu 3,30 dan nilai RPP siklus 3 yaitu 4 dengan kategori baik sehingga sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan RPP. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas X.5 aktivitas siklus 1 yang aktif 20 siswa (50%) ; siklus 2 yang aktif 27 siswa (67,5%), dan siklus 3 yang aktif 29 siswa (72,5%). Pada kelas X.6 aktivitas siklus 1 yang aktif 20 siswa (50%), siklus 2 yang aktif 30 siswa (75%). 3) Sistem evaluasi mata pelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui proses tes dalam bentuk uraian validitas instrument tes siklus 1 dengan indeks (0,4), siklus 2 dengan indeks (0,5) dan siklus 3 dengan indeks (0,6). Reliabilitas tes siklus 1 adalah (0,36), siklus 2 adalah (0,6) dan siklus 3 adalah (0,70), sehingga sistem evaluasi yang digunakan sudah sesuai dengan kategori keberhasilan sistem evaluasi. 4) Peningkatan prestasi belajar pada kelas X.5 siklus 1 dengan nilai tertinggi 73 rata-rata 67,1, rata-rata tuntas 4 siswa (10%), siklus 2 dengan nilai tertinggi 75, rata-rata 70,15, rata-rata tuntas 1 2 siswa (30%), dan siklus 3 dengan nilai tertinggi 83, rata-rata 80, rata-rata tuntas 32 siswa (80%). Pada kelas X.6 siklus 1 dengan nilai tertinggi 75 rata-rata 70, rata-rata tuntas 10 siswa (25%), siklus 2 dengan nilai tertinggi 84, rata-rata 81, rata-rata tuntas 35 siswa (87,5%). Abstract The purpose of this study was to describe: (1) Preparation of Learning Implementation Plan, (2) Implementation of learning, (3) evaluation system, (4) Increase student achievement by using a type of learning Student Team Achievement Division (STAD). SMAN 7 research site in Bandar Lampung. This research is action research Classes using three cycles. Cycle I and type STAD cooperative learning, cooperative learning cycle II type STAD using OHP media, the third cycle type STAD cooperative learning using media OHP and sheet material that contains a summary description of teachers' descriptions. Technique data collecting by observation and description of the test. The conclusion of this study are: 1) The preparation of the quality of math lesson plans based on type STAD cooperative learning using RPP assessment form, obtained results; value of RPP cycle 1 cycle 2 2.97 RPP value is 3.30 and the value of RPP cycle 3 of 4 with both categories so that is in conformity with the criteria of success RPP. 2) The process of implementation of learning mathematics by applying the type STAD cooperative learning can improve student learning activities in class X.5 an active cycle activity 20 students (50%), cycle 2 active 27 students (67.5%), and active cycle 3 29 students (72.5%). In class activity X.6 active cycle 1 20 students (50%), cycle 2 active 30 students (75%). 3) System evaluation subjects of mathematics by applying type STAD cooperative learning through the process of testing the validity of the instrument in the form of descriptions of test cycle 1 with the index (0.4), cycle 2 with the index (0.5) and cycle 3 with the index (0.6 .) Reliability test cycle 1 is (0.36), cycle 2 is (0.6) and cycle 3 are (0.70), so that the evaluation system that is used is in conformity with the categories of success of the evaluation system. 4) Improving learning achievement in grade X.5 cycle 1 with the highest score 73 on average 67.1, the average finished 4 students (10%), cycle 2 with the highest score 75, average 70.15, average thoroughly average 12 students (30%), and cycle 3 with the highest score 83, average 80, on average completed 32 students (80%). In cycle 1 X.6 class with the highest value of 75 an average of 70, average 10 students completed (25%), cycle 2 with the highest score 84, average 81, on average completed 35 students (87.5% .)

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:26
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17294

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir