HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BERKARAKTER DENGAN SIKAP, MINAT, DAN KONSEP DIRI SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING (GUIDING INQUIRY) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

0713022024, dian sulistia (2012) HUBUNGAN ANTARA PERILAKU BERKARAKTER DENGAN SIKAP, MINAT, DAN KONSEP DIRI SISWA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERBIMBING (GUIDING INQUIRY) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (3756b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
menyetujui.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (212Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4055b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (3958b) | Preview
[img]
Preview
File PDF
~$BAB II.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (275Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab III.pdf

Download (338Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab IV.pdf

Download (963Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Fungsi dan tujuan nasional pelaksanaan pendidikan di setiap jenjang sekolah tidak hanya menekankan pada kemampuan kognitif saja melainkan juga pada perkembangan karakter siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan antara perilaku berkarakter dengan sikap, minat, dan konsep diri siswa menggunakan metode inkuiri terbimbing (guiding inquiry) berbasis pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk: mengidentifikasi hubungan antara perilaku berkarakter dengan sikap, minat, dan konsep diri siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing (guiding inquiry) berbasis pendidikan karakter, mengetahui nilai-nilai karakter yang dominan tumbuh pada siswa yang mengalami pembelajaran inkuiri terbimbing (guiding inquiry) berbasis pendidikan karakter dan mengetahui perubahan perilaku berkarakter siswa yang terjadi selama proses pembelajaran menggunakan metode inkuiri terbimbing Dian Sulistia (guiding inquiry) berbasis pendidikan karakter . Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Bandar Lampung, menggunakan satu kelas eksperimen (kelas VII A) dengan jumlah sampel 29 siswa. Pada saat proses pembelajaran berlangsung guru mengamati perilaku berkarakter siswa, selain guru siswa juga diberikan kesempatan untuk menilai perilaku berkarakter teman-temannya (peer Assessment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang positif antara perilaku berkarakter dengan sikap siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing (guiding inquiry) berbasis pendidikan karakter, dan hubungannya rendah dengan nilai r hitung sebesar 0,301, (2) Ada hubungan yang positif antara perilaku berkarakter dengan minat belajar siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing (guiding inquiry ) berbasis pendidikan karakter dan hubungannya sangat rendah dengan nilai r hitung sebesar 0,191, (3) Ada hubungan yang positif antara perilaku berkarakter dengan konsep diri siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing (guiding inquiry) berbasis pendidikan karakter, dan hubungannya rendah dengan nilai r hitung sebesar 0,342, (4) Perilaku berkarakter yang dominan muncul selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing (guiding inquiry) berbasis pendidikan karakter adalah perilaku bertanggung jawab dengan skor rata-rata peer assessment 3,43 dan skor rata-rata pengamatan guru 3,61, (5) Terjadi peningkatan kategori perilaku berkarakter yang signifikan pada setiap pertemuan. Kata kunci : pendidikan karakter, kompetensi afektif, sikap, minat, dan konsep diri Dian Sulistia

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: tik . 8
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:06
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17295

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir