UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS XIA SMK CAHYA KARTIKA PALAS LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ( PTK)

1013073001, Luth Fitriana (2012) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS XIA SMK CAHYA KARTIKA PALAS LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ( PTK). Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR tabel sip.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
KATA PENGANTAR.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTTO.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (3863b) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (3970b) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (302Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (291Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK. Upaya Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar IPS Terpadu Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas XIA SMK Cahya Kartika Palas Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011 Oleh: Luth Fitriana Kegiatan belajar sehari-hari ditemukan adanya kebiasaan belajar beberapa Siswa yang kurang baik. Kebiasaan tersebut antara lain: tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak mencatat, mengantuk, tidak mau bertanya antar guru atau Siswa, ngobrol dan bermain-main. Kebiasaan tersebut disebabkan oleh ketidak mengertian Siswa pada arti belajar bagi dirinya sendiri dan dapat merugikan dirinya sendiri sehingga hasil belajar kurang optimal. oleh karena itu, diperlukan metode atau model pembelajaran yang bervariasi sehingga Siswa tidak jenuh dan aktif selama proses pembelajaran. Guru harus menciptakan pembelajaran yang efektif dalam hal ini guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS Terpadu Siswa kelas XIA SMK Cahya Kartika Palas Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011? 2) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu Siswa kelas XIA SMK Cahya Kartika Palas Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2010/2011? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar Siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu khususnya sosiologi pada Siswa kelas XIA SMK Cahya Kartika Palas Lampung Selatan karena memiliki karakteristik aktivitas dan hasil belajar yang masih rendah. Selama proses pembelajaran keterlibatan Siswa masih kurang, pasif, dan kurangnya variasi dalam menggunakan metode atau model pembelajaran sehingga perlu dilakukan oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Rata-rata persentase aktivitas belajar Siswa pada siklus I yaitu sebesar 53.56%, pada siklus II yaitu sebesar 85.29%, dan pada siklus III yaitu 91.17%. Peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 31.73% dan peningkatan aktivitas belajar dari siklus II ke siklus III sebesar 5.88%. 2. Persentase ketuntasan kelas dan nilai rata-rata kelas pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan sebesar 67.65% dengan nilai rata-rata 65 pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 70.58% dengan nilai rata-rata 66.5, dan pada siklus III persentase ketuntasan sebesar 76.47% dengan nilai rata-rata 67.5. peningkatan ketuntasan kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 2.93% dan peningkatan ketuntasan kelas dari siklus II ke siklus III sebesar 5.89%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Siswa pada setiap siklusnya.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:17
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17296

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir