0813031049, ROSI PRATIWI (2012) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, KETERSEDIAAN SARANA BELAJAR DI RUMAH DAN KEMAMPUAN GURU MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PESISIR TENGAH KRUI LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digilib Library.
|
File PDF
~$COVER.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
~$FTAR GAMBAR.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER SKRIPSI.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (3648b) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Pendidikan di Indonesia saat ini dihadapkan pada masalah rendahnya prestasi atau hasil belajar peserta didik. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas, antara lain persepsi siswa tentang metode mengajar guru, ketersediaan sarana belajar di rumah, dan kemampuan guru mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, ketersediaan sarana belajar di rumah, dan kemampuan guru mengajar SMA Negeri 1 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Pesisir Tengah Krui sebanyak 9 kelas dengan jumlah siswa keseluruhan 325 orang. Dengan menggunakan rumus T. Yamane dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 180 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 6,810 > 1,973 dengan koefisien korelasi (r) 0,455 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,207 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang metode mengajar guru sebesar 20,7% dan sisanya 79,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan ketersediaan sarana belajar di rumah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 5,249 > 1,973 dengan koefisien korelasi (r) 0,366 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,134 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh sarana belajar di rumah sebesar 13,4% dan sisanya 86,6% dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan t hitung > t tabel yaitu 5,412 >1,973 dengan koefisien korelasi (r) 0,376 dan koefisien determinasi (r²) sebesar 0,141 yang berarti hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kemampuan guru mengajar sebesar 14,1% dan sisanya 85,9% dipengaruhi oleh faktor lain. 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru, ketersediaan sarana belajar di rumah, dan kemampuan guru mengajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pesisir Tengah Krui Lampung Barat Tahun Pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukan dengan F hitung > F tabel yaitu 36,248 > 2,656 dan ditunjukkan juga oleh koefisien korelasi (r) 0,618 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,382 yang berarti hasil belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang metode mengajar guru, ketersediaan sarana belajar di rumah dan kemampuan guru mengajar sebesar 38,2% dan sisanya 61,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | tik 16 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 03:28 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 03:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17298 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |