Analisis Pola Kemitraan Pemerintah Daerah dengan Swasta dalam Perspektif Good Corporate Governance (Studi Pada Kemitraan Pemerintah Provinsi Lampung dengan PT. Gunung Madu Plantations)

0926021052, yahnu wiguno sanyoto (2012) Analisis Pola Kemitraan Pemerintah Daerah dengan Swasta dalam Perspektif Good Corporate Governance (Studi Pada Kemitraan Pemerintah Provinsi Lampung dengan PT. Gunung Madu Plantations). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0926021052-abstract.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0926021052-abstrak.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0926021052-kesimpulan.pdf

Download (227Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0926021052-pendahuluan.pdf

Download (450Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola kemitraan Pemerintah Daerah dengan swasta dalam perspektif Good Corporate Governance melalui studi pada kemitraan Pemerintah Provinsi Lampung dengan PT Gunung Madu Plantations sehingga terbangun kemitraan dengan pihak swasta sebagai investor dalam maupun luar negeri sekaligus tercipta hubungan yang sinergis (interelasi dan interaksi), baik secara horizontal, vertikal maupun diagonal antara pemerintah-swasta-masyarakat sebagai elemen-elemen good governance. Metode penelitian yang digunakan dalam tesis ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling yang didasarkan pada pertimbangan kriteria-kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data mengkombinasikan antara teknik wawancara, dokumentasi, observasi, serta menggunakan teknik analisis data dengan tahap reduksi, display data dan verifikasi data. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah bermitra dengan pihak swasta yang menanamkan modalnya di Provinsi Lampung. Pola-pola kemitraan yang berkembang selama ini antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan swasta dapat dilihat dari aspek kebijakan yang membentuk pola kemitraan monopolistik, aspek kelembagaan yang membentuk pola kemitraan kompetitif, aspek infrastruktur yang membentuk pola kemitraan kolaboratif, aspek sumber daya manusia yang membentuk pola kemitraan akomodatif-partisipatif, serta aspek sumber daya alam dan lingkungan hidup yang membentuk pola kemitraan kelestarian-kesejahteraan. Berdasarkan 5 (lima) pola kemitraan yang telah berkembang, dapat diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) pola alternatif yaitu (a) pola kebijakan yang menyangkut aspek kebijakan dan kelembagaan; (b) pola kelestarian yang menyangkut aspek infrastruktur dan sumber daya alam dan lingkungan; (c) pola kesejahteraan yang menyangkut aspek sumber daya manusia. Kata kunci : tata kelola yang baik, tata kelola perusahaan yang baik, tanggung jawab sosial perusahaan, kemitraan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Pengguna Deposit: tik 12 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:21
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17346

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir