PERANAN BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN KAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA KEGIATAN REHABILITASI LAHAN KRITIS BERBASIS MASYARAKAT (Studi Kasus pada Kampung Bumi Dana Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan)

0826021005, CHANDRA INDRAWAN (2012) PERANAN BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PEMERINTAHAN KAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA KEGIATAN REHABILITASI LAHAN KRITIS BERBASIS MASYARAKAT (Studi Kasus pada Kampung Bumi Dana Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan). Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
0826021005-abstract.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0826021005-abstrak.pdf

Download (86Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan : (1) Bagaimana peranan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Program Rehabilitasi Lahan Kritis Berbasis Masyarakat di Kampung Bumi Dana Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan?” (2) Seberapa besarkah tingkat partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Program Rehabilitasi Lahan Kritis Berbasis Masyarakat di Kampung Bumi Dana Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan?” Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, mengambil sampel para petani yang tergabung dalam kelompok tani di Kampung Bumi Dana Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan berjumlah 71 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan rumus persentase dan interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peranan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Program Rehabilitasi Lahan Kritis Berbasis Masyarakat masuk dalam kategori peranan yang tinggi (berperan baik). Hal ini ditunjukkan oleh 35 orang (49,29%) yang menyatakan bahwa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung berperan sangat tinggi/sangat berperan dan tinggi/berperan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Program Rehabilitasi Lahan Kritis Berbasis Masyarakat. (2) Tingkat partisipasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi Program Rehabilitasi Lahan Kritis Berbasis Masyarakat di Kampung Bumi Dana Kecamatan Way Tuba Kabupaten Way Kanan masuk dalam kategori partisipasi tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh 37 orang (52,11%) yang berpartisipasi sangat tinggi dan tinggi. Kata Kunci: Peranan, Partisipasi Masyarakat

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:18
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17367

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir