0643024042 ok, RANGGI PRIMA PUTRA (2012) PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 16 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
BAB I. PENDAHULUAN.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (45Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan (Revisi 5).pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (305Kb) |
||
|
File PDF
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
New Text Document.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
i. Cover Depan.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ii. Abstrak.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
iv. Cover Sarjana.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ix. Motto.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
v. Persetujuan.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
vi. Mengesahkan.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
vii. Pernyataan.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
viii. Riwayat Hidup.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
x. Persembahan.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xi. Sanwacana.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xiii. Daftar Isi.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xv. Daftar Tabel.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xvi. Daftar Gambar.pdf Download (9Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 16 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012) Oleh RANGGI PRIMA PUTRA Gaya belajar merupakan cara yang digunakan seseorang untuk menyerap dan menyimpan informasi yang diperoleh selama pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dengan guru biologi yang mengajar di kelas XI SMA Negeri 16 Bandar Lampung diketahui bahwa nilai rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia yakni sebesar 57 dengan presentase 60,6% siswa di bawah KKM (66) yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya kesesuaian antara model pembelajaran yang digunakan guru dengan adanya variasi gaya belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap peningkatan penguasaan materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes kelompok pembanding (One Group Pretes-Postes). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian adalah data kuantitatif berupa nilai penguasaan materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia yang diperoleh dari tes awal dan tes akhir, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain serta data kualitatif berupa data gaya belajar siswa yang diperoleh melalui pengisian angket dan data aktivitas siswa yang diperoleh melalui lembar observasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji anova satu faktor pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori dan kinestetik berturut-turut adalah 6, 18, dan 5 orang. Setelah dilakukan pembelajaran didapat hasil nilai rata-rata N-gain penguasaan materi siswa pada ketiga kelompok tersebut yaitu 66,97; 77,21; dan 72,18. Dari hasil tersebut, terlihat adanya perbedaan rata-rata penguasaan materi antara siswa yang memiliki gaya belajar auditori dengan visual, sedangkan antara siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan visual maupun kinestetik dengan auditori tidak berbeda. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa gaya belajar auditori menghasilkan penguasaan materi yang paling tinggi pada materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan demikian berarti gaya belajar siswa (visual, auditori, dan kinestetik) berpengaruh terhadap penguasaan materi pokok Sistem Gerak Pada Manusia melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD . Kata kunci : Gaya belajar siswa, Student Teams Achievement Division (STAD), penguasaan materi, dan materi Sistem Gerak Pada Manusia.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 02:47 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 02:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17389 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |