0543023012, Ferawati (2011) PAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (PTK Pada siswa kelas X SMA Al-Kautsar Bandar Lampung TP 2010-2011). Digital Library.
|
File PDF
COVER.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Motto.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (202Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (862Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (246Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (261Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (106Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia di SMA AlKautsar Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan 100% siswa mencapai nilai ≥ 72, sedangkan siswa yang mendapat nilai ≥72 hanya 52,27%. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X4 pada materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur tahun pelajaran 2010-2011 yaitu 61,13. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran (on task) seperti mengemukakan pendapat, dan aktif dalam diskusi masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah pembelajaran penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran penemuan terbimbing dalam meningkatkan persentase (1) setiap jenis aktivitas on task, (2) rata-rata penguasaan konsep dan, (3) ketuntasan belajar pada konsep ikatan kimia, tata nama senyawa serta persamaan reaksi sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X4 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung yang berjumlah 44 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase (1) setiap jenis aktivitas on task siswa, dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III adalah sebagai berikut. Mengemukakan pendapat sebesar 9,48% dan 7,04%; aktif dalam diskusi sebesar 12,06% dan 10,52%; bertanya kepada guru sebesar 13,14% dan 10,51%; menjawab pertanyaan dari guru sebesar 9,51% dan 11,66%; (2) rata-rata penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 12,41% , dari siklus II ke siklus III sebesar 8,18%; dan (3) ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13,64%, dari siklus II ke siklus III sebesar 11,36%.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:37 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 02:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17402 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |