PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM MEMBELI KENDARAAN MOBIL HONDA PADA PT ISTANA LAMPUNG RAYA DI BANDAR LAMPUNG

0821011040, Raden Muhammad Akbar (2012) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM MEMBELI KENDARAAN MOBIL HONDA PADA PT ISTANA LAMPUNG RAYA DI BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
0821011040-abstract.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0821011040-abstrak.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0821011040-kesimpulan.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
0821011040-pendahuluan.pdf

Download (127Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Salah satu upaya dalam memuaskan konsumen dan kemudian mendorong konsumen menjadi loyal terhadap perusahaan adalah melalui penyusunan suatu kombinasi dari kebijaksanaan bauran pemasaran yang melipti 7 P’s, yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process. Kepuasan yang diikuti kesetiaan (loyal) pada dasarnya merupakan salah satu faktor paling utama dalam meningkatkan pemasaran serta pendapatan suatu perusahaan penyedia jasa. Di mana situasi persaingan pada saat ini yang sangat ketat dengan banyaknya pemain pasar, dalam kondisi ini kesetiaan pelanggan (customer loyality) menjadi barang langka karena susah didapatkan. Untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan dalam diri konsumen bukanlah hal yang mudah di bentuk karena penyedia jasa harus mempu memberikan pelayanan yang bermutu kepada pelanggan. Permasalahan yang dirumuskan adalah “apakah pelaksanaan bauran pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen dalam Membeli Kendaraan Mobil Honda di PT Istana Lampung Raya di Bandar Lampung”. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen dalam membeli kendaraan mobil Honda pada PT. Istana Lampung Raya di Bandar Lampung. Kesimpulan yang didapat berdasarkan hasil perhitungan regresi diketahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen (R) adalah sebesar 0,820, jika diinterpretasikan terhadap tabel interpretasi koefisien penentu untuk mengetahui tingkat pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen, maka pengaruhnya termasuk dalam kategori yang sangat tinggi, atau bauran pemasaran berpengaruh sangat tinggi/signifikan terhadap kepuasan konsumen. Uji koefisien regresi dengan Uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 53,560 (positif), sedangkan Ftabel = 4,00 (koefisien regresi signifikan). Dengan demikian dari hasil tersebut membuktikan hipotesis yang diajukan yaitu “Bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dalam membeli kendaraan mobil Honda pada PT. Istana Lampung Raya di Bandar Lampung” terbukti. Indikator Bauran Pemasaran yang memberikan pengaruh terhadap Kepuasan Konsumen adalah indikator kebijaksanaan tempat dan merupakan indikator yang paling penting dalam menciptakan kepuasan konsumen. Pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen (R) adalah sebesar 0,619, jikadiinterpretasikan terhadap tabel interpretasi koefisien penentu untuk mengetahui tingkat pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen, maka pengaruhnya termasuk dalam kategori yang tinggi, atau kepuasan konsumen berpengaruh tinggi terhadap loyalitas konsumen. Uji koefisien regresi dengan Uji F, diperoleh nilai Fhitung sebesar 16,161 (positif), sedangkan Ftabel = 4,00 (koefisien regresi signifikan). Dengan demikian dari hasil tersebut membuktikan hipotesis yang diajukan yaitu “Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dalam membeli kendaraan mobil Honda pada PT Istana Lampung Raya di Bandar Lampung” terbukti. Bahwa indikator tangible merupakan indikator kepuasan konsumen yang paling berpengaruh terhadap tingkat loyalitas konsumen. PT. Istana Lampung Raya sebaiknya lebih memperhatikan sikap karyawannnya dalam memberikan pelayanan terhadap konsumen yang juga berkaitan dengan kemudahan konsumen untuk berkomunikasi dengan karyawan di kantor, ini bisa dilakukan dengan memberikan training / pelatihan terhadap karyawannya mengenai pelayanan terhadap konsumen secara berkesinambungan sehingga setiap karyawan akan selalu termotivasi untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Mengenai kecekatan dalam menangani permintaan konsumen juga harus lebih ditingkatkan dengan menyediakan lebih banyak stok spare parts terutama yang susah didapat pada produk mobil tertentu sehingga konsumen tidak harus menunggu terlalu lama untuk melakukan perbaikan, bisa juga dengan penambahan mobil derek atau mobil service yang siap membantu konsumen bila terjadi masalah dengan mobil miliknya. Jika ada konsumen yang menyatakan komplain terhadap produk mobil Honda PT. Istana Lampung Raya harus lebih memperlihatkan kesungguhannya dalam mengatasi masalah tersebut dengan memberikan service gratis khusus untuk spare parts yang rusak sebelum waktunya ataupun mengganti bagian yang cacat produksi dari kendaraan tersebut. ABSTRACT One of the effort in satisfying consumers and then encourage them to be loyal to the company is through preparing a combination of marketing mix policy which includes the 7 P's, namely product, price, place, promotion, people, physical evidence and process. Satisfaction followed by loyalty basically is one of the most important factors in improving a service providing company’s marketing and revenue. In where the current, very tight competitive situation with many market players, customer loyalty in this condition is a rare commodity because it’s difficulty to obtain. To foster customer loyalty within the consumer is not easily formed because service providers must be able to provide quality services towards customers. The problem formulated is "whether the implementation of the marketing mix affects consumers' satisfaction and loyalty on Purchasing Honda car vehicle at PT. Istana Lampung Raya in Bandar Lampung". The purpose of this paper is to determine the influence of marketing mix towards customer’s satisfaction and loyalty on purchasing Honda car vehicles at PT. Istana Lampung Raya in Bandar Lampung. The conclusion acquired based on regression calculation, marketing mix affection towards consumer satisfaction is acknowledged at 0,820, if it is interpreted against the interpretation table of the coefficient determinant to determine the affection level of marketing mix on consumer satisfaction, the effect is included in the category of very high, or the marketing mix have a significant influence on customer satisfaction. Regression coefficient test with F test values obtained Fcount of 53.560 (positive), while the Ftable of 4.00 (significant regression coefficient). Thus from these results the approved hypothesis of "marketing mix significantly influence consumer satisfaction on purchasing Honda car vehicle at PT. Istana Lampung Raya in Bandar Lampung" is proven.Marketing mix indicators that affecting consumer satisfaction is the space policy indicator as well as the most important indicator in creating customer satisfaction. Customer satisfaction influence towards customer loyalty ® amounted to 0.619. If interpreted against coefficient determinant interpretation table to determine the level of customer satisfaction influences towards customer loyalty, the effect is included in the high category or in other words consumer satisfaction significantly affecting consumer loyalty. Regression coefficient test by using F test, acquired value obtained Fcount of 16.161 (positive), while Ftable at 4:00 (significant regression coefficient). Thus from these results the approved hypothesis of "customer satisfaction significantly influence consumer loyalty on purchasing Honda car vehicle at PT. Istana Lampung Raya in Bandar Lampung" is proven. Tangible indicator is a consumer satisfaction indicator that has the most influence towards consumer loyalty. PT. Istana Lampung Raya should give more attention to their employees’ attitude in providing services to consumers which also connected with consumer ease to communicate with employees in the office. This can be done by providing training to the employees regarding services towards consumers on continuous basis so that every employee will always be motivated to provide the best service. About responsiveness in dealing with consumer demand should also be further improved by providing more stock of spare parts, especially the hard to find in certain car products so that consumers do not have to wait too long to have maintenance. It can also be done with the addition of tow trucks or service cars that is ready to help consumers when there is a problem with their car. If there is a consumer stating complaints against their Honda car product, PT. Istana Lampung Raya must further demonstrate their sincerity in addressing this problem by providing a free service exclusively for prematurely broken spare parts or replacing defective production parts of the vehicle.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: tik13 . Digilib
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:23
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17403

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir