PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN PEMETAAN KONSEP (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012)

0713024005, HESTI NURMAWATI (2012) PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN PEMETAAN KONSEP (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER LUAR.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER SARJANA.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. MENYETUJUI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. MOTTO.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14. BAB 123.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img] File PDF
15. BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (67Kb)
[img]
Preview
File PDF
16. BAB 5.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN PEMETAAN KONSEP (Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Perintis 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012) Oleh HESTI NURMAWATI Gaya belajar merupakan cara terbaik bagi seseorang untuk menyerap dan mengolah informasi yang diberikan. Gaya belajar siswa termasuk salah satu faktor internal yang mempengaruhi belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru bidang studi Biologi di SMA Perintis 1 Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa guru belum mengetahui gaya belajar siswa yang bervariasi (visual, auditori dan kinestetik), sehingga metode pengajaran yang digunakan kurang dapat memotivasi siswa dan berdampak pada rendahnya penguasan materi biologi. Untuk itu diperlukan suatu alternatif berupa pembelajaran dengan melibatkan gaya belajar siswa melalui pemetaan konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) pengaruh gaya belajar siswa terhadap peningkatan penguasaan materi pokok Sistem Gerak pada Manusia melalui pemetaan konsep; (2) gaya belajar yang menghasilkan penguasaan materi pokok Sistem Gerak pada Manusia yang paling tinggi melalui pemetaan konsep. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2011 dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini termasuk dalam jenis quasi eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu N-gain, yang diperoleh dari nilai pretes dan postes, serta data kualitatif berupa data aktivitas siswa yang diperoleh dari lembar observasi. Penguasaan materi pokok Sistem Gerak pada Manusia pada tiga kelompok gaya belajar siswa dianalisis secara statistik menggunakan uji anova satu faktor melalui program SPSS 17. Data aktivitas belajar siswa dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 di SMA Perintis 1 Bandar Lampung yang memiliki gaya belajar visual sebanyak 7 siswa, auditori 18 siswa dan kinestetik 7 siswa dari jumlah keseluruhan 32 siswa. Penguasaan materi siswa yang memiliki gaya belajar visual berbeda nyata dengan auditori. Namun antara gaya belajar visual dengan kinestetik maupun auditori dengan kinestetik tidak berbeda nyata. Kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual menghasilkan N-gain paling tinggi dibandingkan dengan gaya belajar auditori maupun kinestetik. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa gaya belajar siswa (visual, auditori dan kinestetik) berpengaruh nyata terhadap penguasaan materi pokok Sistem Gerak Manusia. Kata kunci : Gaya Belajar Siswa, Pemetaan Konsep, Penguasaan Materi, Sistem Gerak pada Manusia.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:48
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 02:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17410

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir