0543023028, SEPTIANI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA DAN TATA NAMA SENYAWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada siswa kelas X3 SMA Tri Sukses Natar TP 2010-2011). Digital Library.
|
File PDF
COVER.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (3934b) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3908b) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (248Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia SMA Tri Sukses Natar, diperoleh informasi bahwa penguasaan konsep pada materi pokok ikatan kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana siswa kelas X SMA Tri Sukses Natar pada Tahun Pelajaran 2009/2010 rendah yaitu rata-rata sebesar 56,9, dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 hanya 30,3%. Nilai tersebut masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pelajaran kimia yang ditetapkan sekolah, yaitu 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 65. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran (on task) masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan: (1)aktivitas belajar (2)penguasaan konsep, (3)ketuntasan belajar dengan pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase (1)setiap jenis aktivitas on task, dari siklus I ke II dan dari siklus II ke III berturut-turut adalah aktif dalam diskusi 10,94% dan 18,75%, bertanya kepada guru 25% dan 10,13%, memberikan pendapat 15,63% dan 25%, menjawab pertanyaan 14,06% dan 20,31%, (2)rata-rata penguasaan konsep dari siklus I ke II sebesar 9,03% dan siklus II ke III sebesar 5,42%, (3)ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke II sebesar 18,75% dan siklus II ke III sebesar 6,25%.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:37 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 02:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17414 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |