UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA DAN TATA NAMA SENYAWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada siswa kelas X3 SMA Tri Sukses Natar TP 2010-2011)

0543023028, SEPTIANI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP IKATAN KIMIA DAN TATA NAMA SENYAWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) (PTK Pada siswa kelas X3 SMA Tri Sukses Natar TP 2010-2011). Digital Library.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (3934b) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (3908b) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (204Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia SMA Tri Sukses Natar, diperoleh informasi bahwa penguasaan konsep pada materi pokok ikatan kimia, tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana siswa kelas X SMA Tri Sukses Natar pada Tahun Pelajaran 2009/2010 rendah yaitu rata-rata sebesar 56,9, dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 hanya 30,3%. Nilai tersebut masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pelajaran kimia yang ditetapkan sekolah, yaitu 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 65. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran (on task) masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan: (1)aktivitas belajar (2)penguasaan konsep, (3)ketuntasan belajar dengan pembelajaran kooperatif teknik Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase (1)setiap jenis aktivitas on task, dari siklus I ke II dan dari siklus II ke III berturut-turut adalah aktif dalam diskusi 10,94% dan 18,75%, bertanya kepada guru 25% dan 10,13%, memberikan pendapat 15,63% dan 25%, menjawab pertanyaan 14,06% dan 20,31%, (2)rata-rata penguasaan konsep dari siklus I ke II sebesar 9,03% dan siklus II ke III sebesar 5,42%, (3)ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke II sebesar 18,75% dan siklus II ke III sebesar 6,25%.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: TIK . 6
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:37
Last Modified: 15 Jan 2016 02:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17414

Actions (login required)

View Item View Item