Efektivitas Pembelajaran Learning Cycle 3E Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Penguasaan Konsep Reaksi Oksidasi Reduksi

0613023016, Dadi Rahmadi (2011) Efektivitas Pembelajaran Learning Cycle 3E Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Penguasaan Konsep Reaksi Oksidasi Reduksi. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (15Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (10Mb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (14Mb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (976Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Untuk mendapatkan tingkat penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dan strategi pembelajaran kontekstual yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang bermakna. Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan (1) efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan siswa, (2) efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E untuk meningkatkan penguasaan konsep reaksi oksidasi reduksi. Model pembelajaran Learning Cycle 3E adalah salah satu model pembelajaran berbasis konstruktivisme yang terdiri dari 3 fase yaitu (1) Fase eksplorasi (exploration); (2) Fase penjelasan konsep (explaination); (3) Fase penerapan konsep (elaboration). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Budaya Bandar Lampung kelas XI dan X2 semester Genap Tahun Pelajaran 2010-2011 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan selisih skor pretes dan postes. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan mengelompokkan dan tingkat penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep reaksi oksidasi reduksi. pada siswa kelas X SMA Budaya Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: TIK . 6
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:38
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17417

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir