0613023016, Dadi Rahmadi (2011) Efektivitas Pembelajaran Learning Cycle 3E Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Penguasaan Konsep Reaksi Oksidasi Reduksi. Digital Library.
|
File PDF
COVER.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (15Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (10Mb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (14Mb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (976Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Untuk mendapatkan tingkat penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai dan strategi pembelajaran kontekstual yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang bermakna. Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan (1) efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan siswa, (2) efektivitas pembelajaran Learning Cycle 3E untuk meningkatkan penguasaan konsep reaksi oksidasi reduksi. Model pembelajaran Learning Cycle 3E adalah salah satu model pembelajaran berbasis konstruktivisme yang terdiri dari 3 fase yaitu (1) Fase eksplorasi (exploration); (2) Fase penjelasan konsep (explaination); (3) Fase penerapan konsep (elaboration). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Budaya Bandar Lampung kelas XI dan X2 semester Genap Tahun Pelajaran 2010-2011 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur berdasarkan selisih skor pretes dan postes. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki keterampilan mengelompokkan dan tingkat penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep reaksi oksidasi reduksi. pada siswa kelas X SMA Budaya Bandar Lampung.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:38 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 02:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17417 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |