0613023034, NINA NESSINTA (2010) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ASAM BASA. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK New.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Halaman Persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf Download (3898b) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (3711b) | Preview |
|
|
File PDF
SANWANCANA.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I New.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II New.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III New.pdf Download (275Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV New.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (450Kb) |
||
|
File PDF
BAB V New.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata pada materi pokok Asam Basa siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 10 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008-2009 adalah 65. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran kimia kelas XI IPA yang ditentukan adalah 100% siswa mendapat nilai ≥ 70, pada kenyataannya hanya 50% siswa mendapat nilai ≥ 70. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) dan keterampilan siswa menggunakan alatalat eksperimen kimia rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok asam basa adalah dengan menerapkan metode problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode problem solving dalam meningkatkan persentase rata-rata : (1) aktivitas on task siswa; (2) keterampilan siswa menggunakan alat-alat eksperimen kimia; (3) penguasaan konsep siswa; dan (4) ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan sebanyak dua siklus. Data penelitian ini terdiri dari data kualitatif, yaitu data aktivitas on task siswa dan data keterampilan siswa menggunakan alat-alat eksperimen kimia yang diperoleh melalui lembar observasi, serta data kuantitatif berupa nilai penguasaan konsep asam basa yang diperoleh melalui tes formatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan persentase rata-rata : (1) aktivitas on task siswa sebesar 28,59%; (2) keterampilan siswa menggunakan alat-alat eksperimen kimia sebesar 12,10%; (3) penguasaan konsep siswa sebesar 5,40%; dan (4) ketuntasan belajar siswa sebesar 3,45%. Kata kunci : metode problem solving, aktivitas on task, keterampilan siswa, penguasaan konsep, ketuntasan belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 02:39 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 02:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17433 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |