PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI BAGI SISWA SMA YANG BELUM MENCAPAI KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BIOLOGI

0613024029, ISMI RAKHMAWATI (2010) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI BAGI SISWA SMA YANG BELUM MENCAPAI KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BIOLOGI. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1.cover luar.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.abstrak.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.cover dalem.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4.persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.pengesahan.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6.pembukaan.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7.daftar isi.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8.bab 1.pdf

Download (174Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9.bab 2.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10.bab 3.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img] File PDF
11.bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (236Kb)
[img]
Preview
File PDF
12.bab 5.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13.dapus.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Pembelajaran remedial sangat penting untuk dilakukan agar siswa dapat mencapai KKM materi Biologi. Namun, kenyataannya pembelajaran remedial belum terlaksana dengan baik karena keterbatasan waktu guru untuk menjelaskan kembali materi-materi yang belum dipahami siswa. Oleh karena itu, diperlukan sarana belajar mandiri yang dapat membantu siswa dalam mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif tentang Sistem Regulasi yang sesuai digunakan untuk pembelajaran remedial secara mandiri. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2009/2010 di SMA YP UNILA Bandar Lampung kelas XI melalui tiga tahap yaitu studi kasus, pengembangan dan evaluasi. Produk diuji oleh ahli materi, ahli desain, uji satu-satu, dan uji kelompok kecil. Data bentuk multimedia interaktif yang sesuai bagi siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif dikumpulkan menggunakan angket dan wawancara. Data efektivitas multimedia interaktif diperoleh melalui hasil ulangan remedial siswa. Hasil pengembangan berupa CD Multimedia Interaktif Sistem Regulasi (MISR) yang sesuai sebagai sarana belajar mandiri bagi siswa menghadapi ulangan remedial. MISR berisi teks materi, gambar ilustrasi, animasi, latihan dan pembahasan, glosarium dan daftar pustaka, serta pedoman penggunaan MISR bagi siswa. Siswa tertarik terhadap bentuk dan penerapan MISR sebagai sarana belajar mandiri dalam menghadapi ulangan remedial. Pembelajaran dengan MISR dapat membantu siswa mencapai KKM secara efektif. Kata kunci : pembelajaran remedial, KKM, multimedia interaktif, efektifitas.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:39
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 02:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17435

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir