PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULISKAN KEMBALI ISI TEKS BACAAN SASTRA MELALUI TEKNIK LATIHAN PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 5 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013076014, Yeni Yuniar (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULISKAN KEMBALI ISI TEKS BACAAN SASTRA MELALUI TEKNIK LATIHAN PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 5 NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (162Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Masalah dalam penelitian ini ialah peningkatan kemampuan menuliskan kembali isi teks bacaan sastra (dongeng) yang telah didengar pada siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 5 Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menulis menuliskan kembali isi teks bacaan sastra (dongeng) yang telah didengar melalui teknik latihan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengobservasian, dan refleksi. Pada siklus I setiap siswa menuliskan kembali isi teks bacaan sastra (dongeng yang berjudul Jaka Tarub) dan Pada siklus II dalam proses pembelajaran dan latihan menuliskan kembali isi teks bacaan sastra (dongeng yang berjudul Sang Kancil dengan Buaya). Aspek yang dinilai pada setiap siklus adalah aktivitas siswa dan guru. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas ii dan prestasi belajar siswa belum optimal. Pada siklus II dalam proses pembelajaran guru memberikan bimbingan yang lebih intensif lagi kepada siswa, dengan cara membimbing siswa satu per satu. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan prestasi belajar siswa meningkat karena sesuai dengan indikator kerja yang menyatakan penelitian tindakan kelas berhasil, jika hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal sebesar 75%. Hasil penelitian kemampuan menuliskan kembali isi teks bacaan sastra (dongeng) yang telah didengar atau dibaca pada setiap siklus terdapat peningkatan. Prasiklus nilai rata-rata siswa 57,32 siswa yang sudah mencapai KKM 9 orang dengan persentase 36%, siswa yang belum mencapai KKM 1 6 orang dengan persentase 64%. Siklus I nilai rata-rata siswa 59,6 siswa yang mencapai KKM 1 1 orang dengan persentase 44%, dan yang belum mencapai KKM 14 orang dengan persentase 56%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa 71 siswa yang mencapai KKM 20 orang dengan persentase 80%, siswa yang belum mencapai KKM 5 orang dengan persentase 20%. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dari prasiklus ke siklus I meningkat 2% dan dari prasiklus ke siklus II sebesar 44%. Dengan demikian, melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknik latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menuliskan kembali isi teks bacaan sastra (dongeng) yang telah didengar pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Natar Kabupaten Lampung Selatan sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan, yakni tercapai KKM 65,00.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:40
Last Modified: 14 Jan 2016 02:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17438

Actions (login required)

View Item View Item