UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII5 SEMESTER GANJIL SMP N 2 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613031024, KUKUH PRIHANDOKO (2010) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII5 SEMESTER GANJIL SMP N 2 PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (4058b) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Persembahan.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (211Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Salah satu faktor penyebab masih belum optimalnya hasil belajar IPS ekonomi siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Pringsewu adalah rendahnya aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar, di mana dalam proses tersebut siswa cenderung kurang aktif dalam belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran. Alternatif itu antara lain melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Pendekatan dalam pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII 5 di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2009/2010, dan 2) peningkatan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan pendekatan pembelajaran CTL pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII 5 di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2009/2010. Kukuh Prihandoko Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 SMP Negeri 2 Pringsewu semester ganjil pada pembelajaran kelangkaan, pelaku pasar serta pasar tahun pelajaran 2009/2010, dengan jumlah siswa 37 orang yang terdiri dari 15 orang siswa lakilaki dan 22 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan empat tahap yaitu (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas siswa, pengelolaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa yang terdiri dari 3 siklus dan diperoleh dari tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian dan pengamatan diperoleh: 1) rata-rata aktivitas siswa yang dikategorikan aktif pada siklus I sebesar 58,11%; pada siklus II sebesar 70,27%; pada siklus III sebesar 82,43%. Selisih peningkatan setiap siklusnya yaitu dari siklus I ke siklus II sebesar 12,16%; dari siklus II ke siklus III sebesar 12,16%; dan dari siklus I ke siklus III sebesar 24,32%. Berdasarkan data yang diperoleh ternyata aktivitas siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan; 2) nilai rata-rata kelas siswa pada siklus I adalah 52,57, pada siklus II sebesar 59,73, dan pada siklus III sebesar 68,92. Kemudian persentase siswa yang memperoleh nilai ≥ 65 pada siklus I adalah 21,62%, siklus II sebesar 37,84%, dan siklus III sebesar 91,89%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII 5 di SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2009/2010. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Pendekatan Kontekstual.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:40
Last Modified: 14 Jan 2016 02:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17448

Actions (login required)

View Item View Item