PENGARUH MINAT BELAJAR EKONOMI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XSMU YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2008/2009

0613031027, MELPHI PUSPITASARI (2009) PENGARUH MINAT BELAJAR EKONOMI DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS XSMU YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (2898b) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL DEPAN.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
hal pengesahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTTO.pdf

Download (3506b) | Preview
[img]
Preview
Text
Persembahan.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (183Kb) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318Kb)
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Prestasi belajar merupakan hasil belajar yang ingin dicapai. Prestasi yang tinggi mencerminkan keberhasilan dalam proses belajar mengajar, atau sebaliknya. Prestasi belajar yang rendah mencerminkan belum berhasilnya proses belajar mengajar. Banyak faktor yang diduga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa diantaranya adalah minat belajar dan lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh minat belajar ekonomi dan lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMU YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMU YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 343, dengan menggunakan rumus T. Yamane dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 185 orang yang selanjutnya dilakukan alokasi proporsional sampling agar sampel yang diambil lebih proporsional . Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan ex post facto. Pengujian untuk hipotesis 1 dan 2 menggunakan uji t dan hipotesis 3 menggunakan uji F. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1 1. Ada pengaruh (X ) minat belajar ekonomi terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMU YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini hitung tabel ditunjukan dengan t = 8,846 > t = 1,973 dengan koefisien kolerasi (r) r 2 0,547 dan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,300 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh minat belajar ekonomi sebesar 30%. 2 2. Ada pengaruh (X ) lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMU YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran hitung tabel 2008/2009. Hal ini ditunjukan dengan t = 7,049 > t = 1,973 dengan r 2 koefisien kolerasi (r) 0,462 dan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,214 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh lingkungan belajar di sekolah sebesar 21,4%. 3. Ada pengaruh minat belajar ekonomi dan kondisi lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMU YP Unila Bandar lampung tahun pelajaran 2008/2009. Hal ini ditunjukan dengan uji F yang hitung tabel menunjukan bahwa F > F yaitu 45,537 > 3,892 dengan koefisien R 2 kolerasi ( R ) 0,578 dan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,334 yang berarti prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh minat belajar ekonomi dan lingkungan belajar di sekolah adalah 33,4%.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:41
Last Modified: 14 Jan 2016 02:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17451

Actions (login required)

View Item View Item