Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Kunjungan Melalui Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sinar Semendo Talangpadang Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012

1013124002, ERNAWATY (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Laporan Kunjungan Melalui Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Sinar Semendo Talangpadang Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVR DALAM.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (435Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (513Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (310Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis laporan kunjungan dengan teknik diskusi pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Sinar Semendo Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis laporan kunjungan pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Sinar Semendo tahun pelajaran 2011/2012 setelah diterapkannya teknik diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes tertulis dan nontes. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis laporan kunjungan, sedangkan instrumen nontes digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data penelitian, kemampuan menulis laporan hasil kunjungan siswa dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Pada prasiklus, nilai rata-rata klasikal sebesar 56,67 dengan persentase ketuntasan sebesar 33,33%. Pada siklus I, nilai rata-rata mencapai 65,21 dengan persentase ketuntasan sebesar 58,33% dan siklus II, nilai rata-rata sebesar 71,88 dengan persentase ketuntasan sebesar 83,33%. Peningkatan nilai rata-rata kelas ini diikuti dengan peningkatan rata-rata skor pada tiap aspek penilaian. Pada aspek kelengkapan unsur laporan pada siklus I sebesar 67,5, dan siklus II sebesar 74,17. Rata-rata skor pada aspek pilihan kata/diksi pada pada siklus I sebesar 73,33 dan siklus II meningkat menjadi 77,50. Pada aspek keefektifan kalimat, skor rata-rata pada siklus I sebesar 60,00 dan siklus II meningkat sebesar 69,17. Rata-rata skor pada aspek ketepatan penggunanaan ejaan pada siklus I sebesar 60,00 dan siklus II meningkat menjadi 66,67. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik diskusi dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan kunjungan pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Sinar Semendo Kecamatan Talangpadang tahun pelajaran 2011/2012

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:41
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 02:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17454

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir