PENGARUH METODE LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR PASSING ATAS SISWA PUTRI DI SMA NEGERI 4 METRO (Ekstra Kurikuler)

0513051060, RAKA REVI (2016) PENGARUH METODE LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KETERAMPILAN GERAK DASAR PASSING ATAS SISWA PUTRI DI SMA NEGERI 4 METRO (Ekstra Kurikuler). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
0513051060-abstrak.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0513051060-kesimpulan.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0513051060-pendahuluan.pdf

Download (53Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode langsung dan tidak langsung dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar passing atas dan memperoleh data dan fakta mana yang lebih efektif antara metode langsung dan tidak langsung. Metode langsung dan tidak langsung adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah populasi (penelitian populasi) sebanyak 24 orang, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok. Pembagian kelompok berdasarkan “Matched Ordinal Pairing”. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil analisis pengaruh latihan dengan metode langsung terhadap keterampilan passing atas dalam voli diperoleh jumlah selisih rata-rata sebesar 36 poin, nilai rata-rata ( ) 3, nilai standar deviasi 1,48 dan nilai varians 2,18. Berdasarkan data tersebut diperoleh nilai t hitung sebesar 6,98 dan nilai t tabel sebesar 2,179. Jika t hitung > t tabel atau - t hitung < - t tabel berarti ada pengaruh yang singnifikan. Karena t hitung = 6,98 > t tabel = 2,179 artinya ada pengaruh yang signifikan dari latihan dengan metode langsung terhadap keterampilan passing atas dalam voli. Hasil analisis pengaruh latihan dengan metode tidak langsung terhadap keterampilan passing atas dalam voli diperoleh jumlah selisih rata-rata 16 poin, nilai rata-rata ( ) 1,33, nilai standar deviasi 0,98 dan nilai varians 0,97. Berdasarkan data tersebut diperoleh nilai t hitung sebesar 4,75 dan nilai t tabel sebesar 2,179. Jika t hitung > t tabel atau - t hitung < - t tabel berarti ada pengaruh yang singnifikan. Karena t hitung = 4,75 > t tabel = 2,179 artinya ada pengaruh yang signifikan dari latihan dengan metode tidak langsung terhadap keterampilan passing atas dalam voli. Berdasarkan hasil penelitian dengan pengujian hipotesis dengan taraf nyata 0,05 sebagai berikut: Ada pengaruh yang signifikan dari metode langsung dan tidak langsung terhadap peningkatan keterampilan gerak dasar pada siswa putri ekstrakurikuler bola voli di SMAN 4 Metro. Keterampilan para siswa putri ekstrakurikuler bola voli yang diberi latihan metode langsung lebih baik atau meningkat meskipun tidak secara signifikan dibandingkan dengan keterampilan para siswa putri yang diberi latihan metode tidak langsung.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:02
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir