Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Anak Melalui Teknik Discovery pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Talangpadang Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012

1013124005, Misyati (2012) Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Anak Melalui Teknik Discovery pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Talangpadang Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTTAR ISI.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (329Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak dengan teknik discovery pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Talangpadang Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak melalui teknik discovery pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Sukarame Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri I Sukarame yang berjumlah 24 siswa. Setiap siklus menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan nontes. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak, sedangkan instrumen nontes digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data, diketahui pada prasiklus, siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Pada prasiklus, nilai rata-rata kelas 54,33 dengan persentase ketuntasan sebesar 39,28%. Siklus I peningkatan dari nilai rata-rata prasiklus sebesar 11,84 dan nilai rata-rata kelas 66,17 dengan persentase ketuntasan sebesar 66,67%. Siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata siklus I sebesar 9,83 dan nilai rata-rata 76,00 persentase ketuntasan sebesar 91,67%. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya. Hal tersebut terlihat pada keaktifan dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran melalui teknik discovery. Demikian juga dengan aktivitas guru mengalami peningkatan dalam mengelola kegiatan pembelajaran dari setiap siklusnya. Siklus I persentase aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mencapai 60%. Siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik discovery dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita anak.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 14 Jan 2016 03:15
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 03:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17469

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir