PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN MELALUI TEKNIK PELATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 2 PUGUNG TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1013124007, ROSMAWATI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PENGUMUMAN MELALUI TEKNIK PELATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 2 PUGUNG TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
[ERSETUJUAN.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (182Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf

Download (406Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan siswa menulis teks pengumuman melalui teknik pelatihan terbimbing. Dengan demikian tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks pengumuman siswa kelas VII-A SMP Negeri 2 Pugung Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012 melalui teknik pelatihan terbimbing pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) karena penelitian ini dilakukan oleh guru di dalam kelas. Proses pembelajaran menulis teks pengumuman menerapkan teknik pelatihan terbimbing. Subjek penelitian ini siswa kelas VII-A semester ganjil SMP Negeri 2 Pugung Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 31 siswa. Dalam penelitian ini penulis dibantu seorang teman sejawat sebagai kolabolator selama proses pembelajaran. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Aspek yang diamati pada setiap siklus, adalah aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks pengumuman dari siklus ke siklus mengalami peningkatan. Pada prasiklus proses pembelajaran mencapai 58% dengan nilai rata-rata 48,38, siswa yang tuntas 8 orang dengan persentase 25,80% dan siswa yang belum tuntas 23 orang dengan persentase 40%. Pada siklus satu proses pembelajaran 68% dengan nilai rata-rata 60,64, siswa yang tuntas 17 orang dengan persentase 54,83%,dan yang tidak tuntas 14 orang dengan persentase 45,17%, dan pada siklus dua proses pembelajaran 80% dengan nilai rata-rata 69,38 siswa yang tuntas 24 orang dengan persentase 77,41%dan yang tidak tuntas 7 orang dengan persentase 22,58%. Dengan demikian penelitian menerapkan teknik pelatihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks pengumuman sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:44
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17487

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir