PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE PELATIHAN PADA SISWA KELAS VIIC SMPN 2 TEGINENENG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

1113106001, DEVI YANTI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE PELATIHAN PADA SISWA KELAS VIIC SMPN 2 TEGINENENG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEBAHAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB IV.pdf

Download (366Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Rendahnya kemampuan menulis puisi siswa SMP Negeri 2 Tegineneng merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian tindakan dengan cara menggunakan metode pelatihan guna meningkatkan kemampuan menulis puisi. Untuk itu, tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui metode pelatihan, khususnya siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Tegineneng Pesawaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi . Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Tegineneng ii tahun pelajaran 2011/ 2012 yang berjumlah 31 orang, terdiri atas 15 laki-laki dan 16 perempuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan prasiklus siswa dalam menulis puisi di bawah KKM sekolah tersebut yaitu 65,00 dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 50,36 dari 31 siswa yang tuntas 2 siswa dengan persentase 6% dan yang belum tuntas 29 siswa dengan persentase 94%. Setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan metode pelatihan, kemampuan menulis puisi pada siklus I dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 62,33 atau meningkat sebesar 13,00% sedangkan siswa yang tuntas 19 dari 31 siswa atau 60%. Selanjutnya, kemampuan menulis puisi pada siklus II diperoleh nilai ratarata sebesar 73,16 dengan kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 11,53% dengan ketuntasan klasikal 29 siswa atau sebesar 90%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pelatihan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIC SMPN 2 Tegineneng Pesawaran.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:58
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 02:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17523

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir