ANALISIS KEBIJAKAN DISTRIBUSI RASKIN (STUDI KASUS : KELURAHAN SUKABUMI INDAH, KECAMATAN SUKABUMI, KOTA BANDAR LAMPUNG)

0641021014, Bagus Barmansyah Effendi (2012) ANALISIS KEBIJAKAN DISTRIBUSI RASKIN (STUDI KASUS : KELURAHAN SUKABUMI INDAH, KECAMATAN SUKABUMI, KOTA BANDAR LAMPUNG). Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT ENGLISH.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (93Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Penyaluran beras bersubsidi bagi kelompok masyarakat miskin bertujuan mengurangi beban pengeluaran Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM). Di samping itu, program Beras Miskin (RASKIN) dimaksudkan untuk meningkatkan akses masyarakat miskin dalam pemenuhan kebutuhan pangan pokoknya sebagai salah satu hak dasar masyarakat. Hal ini merupakan salah satu program pemerintah baik pusat maupun daerah yang penting dalam peningkatan ketahanan pangan nasional. Dalam penerapannya pemerintah telah menetapkan petunjuk baik yang bersifat teknis maupun petunjuk pelaksanaan sehingga distribusi RASKIN sesuai dengan prinsip kerja yang meliputi ketepatan sasaran, ketepatan waktu, ketepatan jumlah, ketepatan harga, dan ketepatan kualitas. Permasalahan yang diangkat dalam penulisan ini adalah ”Apakah pelaksanaan distribusi RASKIN di Kelurahan Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung efektif jika dilihat dari indikator tepat sasaran, tepat waktu, tepat harga, tepat jumlah, tepat kualitas”. Tujuan dari penulisan ini adalah mengevaluasi ketepatan kelompok sasaran, dan ketepatan waktu, ketepatan jumlah, ketepatan harga beras, dan ketepatan kualitas dalam pelaksanaan distribusi RASKIN menggunakan data primer melalui kuisioner dan wawancara terhadap petugas serta masyarakat RTS-PM RASKIN. Berdasarkan hasil penelitian diketahui distribusi RASKIN pada Kelurahan Sukabumi Indah ditinjau dari segi ketepatan sasaran efektif dengan pencapaian 78,94%, ketepatan waktu efektif dengan pencapaian 77,78%, ketepatan harga kurang efektif dengan pencapaian 52,78%, ketepatan jumlah efektif dengan pencapaian 68,06%, ketepatan kualitas efektif dengan pencapaian 77,31%. Secara keseluruhan ditinjau segi ketepatan sasaran, ketepatan waktu, ketepatan harga, ketepatan jumlah, dan ketepatan kualitas persentase pencapaian rataratanya sebesar 74,95% yang berarti distribusi RASKIN dikategorikan efektif dalam pelaksanaannya. ii Manfaat dari penyaluran RASKIN ini terlihat dapat meringankan beban kebutuhan akan beras, secara tidak langsung kenyataannya terjadi transfer pendapatan in natura kepada RTS-PM senilai Rp 45.000,00 per bulan pada tahun 2009 dengan penebusan harga beras RASKIN yang ditebus RTS-PM sebesar Rp 2000,00/kg untuk pembelian 15 kg tiap bulannya hasil ini didapat dari total pengeluaran pembelian beras untuk 15 kg sejenis RASKIN dikalikan dengan harga beras sejenis RASKIN di pasaran yaitu (15kg x Rp 5000,00 hasilnya Rp 75.000,00), dikurangi dengan total pengeluaran untuk 15 kg RASKIN dikalikan dengan biaya penebusan RASKIN di lapangan (15kg x Rp 2000,00 hasilnya Rp 30.000,00) sehingga transfer pendapatan dapat dihitung yaitu Rp 75.000,00 – Rp 30.000,00 hasilnya adalah senilai Rp 45.000,00, program ini dapat membantu biaya makan, dan membantu biaya sekolah. Sehingga rekomendasi untuk distribusi RASKIN adalah perlu untuk dilanjutkan. Jika saja penyaluran RASKIN dapat berjalan sesuai dengan pedoman RASKIN dengan harga Rp 1600,00/kg tentunya manfaatnya pun akan lebih besar yaitu senilai Rp 51.000,00. Oleh karena itu harapan kepada pemerintah Kota Bandar Lampung agar dapat menanggung biaya penggantian upah tukang, ongkos kirim dan sebagainya melalui APBD dan penyaluran RASKIN dapat berjalan sesuai ketetapan Pedoman Umum RASKIN yaitu sebesar Rp 1600,00/kg, agar RTS-PM tidak lagi dibebankan biaya tambahan sebesar Rp 400,00/kg. Abstract Distribution of subsidized rice for poor communities aimed at reducing the burden of household expenditure Target Beneficiaries. In addition, the program Poor Rice intended to improve access of the poor in meeting basic food needs as one of society's basic rights. This is one of the programs both national and local governments that are important in improving national food security. In practice the government has set a good indication of a technical nature as well as guide the implementation so that the distribution Poor Rice accordance with the principle of covering the target accuracy, timeliness, accuracy, quantity, price accuracy, and precision quality. Issues raised in this paper is "Does the implementation Poor Rice distribution in Sukabumi Indah village, Sukabumi District, Bandar Lampung effective when seen from the indicators on target, on time, right price, right quantity, right quality." The purpose of this paper is to evaluate the accuracy of the target groups, and timeliness, accuracy, quantity, accuracy of the rice price, quality and accuracy in execution Poor Rice distribution using primary data through questionnaires and interviews of officials and community Household Target Beneficiaries. Based on survey results revealed Poor Rice distribution in Sukabumi Indah village in terms of effective targeting accuracy with the achievement of 78.94%, effective with the timeliness of achieving 77.78%, accuracy rates are less effective with the achievement of 52.78%, effective with the achievement of accuracy the number 68 , 06%, effective with the achievement of quality precision 77.31%. Reviewed in terms of overall targeting accuracy, timeliness, accuracy rates, the accuracy of the quantity, quality and accuracy of the average percentage of achievement of 74.95% which means the distribution of categorized Poor Rice effective in its execution. ii Distribution of benefits from this Poor Rice looks can ease the burden of the need for rice, in fact occur indirectly transfer income in kind to the Household Target Beneficiaries IDR 45000 per month in the year 2009 with a redemption price of rice is redeemed by the Household Target Beneficiaries for IDR 2000/kg for the purchase of 15 kg per month, These results obtained from the total expenditure for the purchase of 15kg of rice similar Poor Rice multiplied by the price of rice in the market that is similar Poor Rice (15kg x IDR 5000 results IDR 75.000), deducting the total expenditure to 15 kg Poor Rice multiplied by the cost of redemption in the field Poor Rice (15kg x IDR 2000 results IDR 30.000) so that the income transfer can be calculated IDR 75.000– IDR 30.000 the result is worth IDR 45.000, This program can help feed costs, and school fees. So that recommendations for the distribution is necessary to proceed Poor Rice. If only poor rice distribution can be run in accordance with the general guidelines of poor rice price IDR 1600/kg would certainly benefit larger worth IDR 51.000. Therefore, the government hopes to Bandar Lampung to be able to bear the cost of replacing workers wages, postage and so on through the Local Government Revenues and Expenditures and distribution of poor rice can be run as an assessment of General Guidelines for poor rice that is equal IDR 1600/kg, Beneficiary Households that are no longer charged an additional fee of IDR 400/ kg.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik 14 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:43
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 02:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17560

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir