NN, Dhandi Catur Putranto (2012) PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PENINGKATAN PEMBELIAN TEH BOTOL SOSRO (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG). Digital Library.
|
File PDF
ABSTRACt english.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kesimpulan dan saran.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pendahuluan.pdf Download (193Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Saat ini semakin banyak produk teh siap minum dalam kemasan yang sejenis dengan berbagai keunggulan sehingga membuat konsumen lebih leluasa memilih produk yang sesuai dengan keinginannya. Salah satu produk tersebut adalah teh botol sosro yang merupakan pemimpin pasar di segmen teh siap minum dalam kemasan. Dengan persaingan bisnis yang semakin ketat menyebabkan perusahaan dituntut untuk menciptakan produk yang berkualitas dan memiliki brand equity yang kuat agar mampu merebut pangsa pasar yang ada. Dengan memiliki brand equity yang kuat maka suatu produk akan mampu bersaing dan menguasai pasar. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: apakah brand equity yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty berpengaruh terhadap keputusan peningkatan pembelian teh botol sosro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand equity yang terdiri dari brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty terhadap Dhandi Catur Putranto keputusan peningkatan pembelian teh botol sosro serta elemen-elemen brand equity mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan peningkatan pembelian teh botol sosro. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah non random sampling atau incidental sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.. Berdasarkan hasil perhitungan pada tingkat signifikan yang digunakan yaitu 0,05 diperoleh bahwa brand awareness signifikan pada 0,287, brand association signifikan pada 0,526, perceived quality signifikan pada 0,037, dan brand loyalty signifikan pada 0,183. Dengan perbedaaan nilai probabilitas tersebut dapat disimpulkan bahwa perceived quality lebih berpengaruh dominan terhadap keputusan peningkatan pembelian dibandingkan variabel lainnya. Uji ketepatan model regresi binary logistic dengan uji Hosmer and Lemeshow (X2) 0,997. Angka tersebut lebih besar dari 0,05 maka Ho diterima. Nilai Nagelkerke R2 sebesar 0,916 berarti variabel-variabel brand equity mampu mempengaruhi keputusan peningkatan pembelian sebesar 91,6 %, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain diluar model. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah perusahaan terus melakukan promosi intensif seperti melakukan co-bundling dengan beberapa resto, kafe atau kantin, terus mengembangkan dan mempromosikan produk teh botol sosro less sugar, mempertahankan kualitas teh botol sosro yang telah sangat baik, dan perusahaan dapat melakukan promosi yang menarik seperti mengadakan undian bagi para konsumen teh botol sosro sehingga dapat mendorong konsumen untuk melakukan peningkatan pembelian dan merekomendasikan produk teh botol sosro pada orang lain. Abstract Ready to drink tea products in similar packaging with various advantages that made consumers more flexible to choose products that fit with their desire are increasing today. Teh botol sosro is one, which is the market leader in packaged ready to drink tea segment. With tight increasing on businesses competition, requires the company to create a quality product and strong brand equity in order to capture existing market share. By having strong brand equity, a product will be able to compete and dominate the market. The issue discussed in this study is: whether the brand equity consists of brand awareness, brand association, perceived quality and brand loyalty influence improvement of purchase decision of teh botol sosro. This study aims to determine the effect of brand equity which are consist of brand awareness, brand association, perceived quality and brand loyalty to improvement of purchase decision Of teh botol sosro, and which elements are the most dominant that influence improvement of purchase decision of teh botol sosro. The Dhandi Catur Putranto sampling method used in this study is non-random sampling or incidental sampling. Samples taken in this study were 60 respondents. The means of analysis consist of both qualitative and quantitative analysis. Based on the calculation using significance level of 0.05 was found that brand awareness is significant at 0.287, brand association is significant at 0.526, perceived quality is significant at 0.037, and brand loyalty is significant at 0.183. With differences in values of probability, it can be concluded that the perceived quality has more dominant influence on improvement of purchase decision than other variable. Logistic binary regression model accuracy test with Hosmer and Lemeshow test found that (X2) 0.997. This figure is greater than 0.05 that makes Ho accepted. Nagelkerke value of R2 equal to 0.916 means that the brand equity variables are able to affect improvement of purchase decision for 91.6%, while the remaining value are affected by other variables outside the model. Based on this research, advice can be given by the author to the company are continue to conduct intensive promotion campaign such as co-bundling with several restaurants, cafes or canteens, continue to develop and promote teh botol sosro less sugar product, maintaining the quality of teh botol sosro product that has been very good, and the company can make an attractive promotions such as sweepstakes for teh botol sosro consumers so that they can induce consumers to increase purchases and recommend teh botol sosro products to others.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | tik 14 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:52 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 02:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17621 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |