POLA PEMBINAAN SANTRI REMAJA DALAM UPAYA PENGENDALIAN TINDAK PENYIMPANGAN PRILAKU (Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Falah, Batu Putuk, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung)

Nn, EKA PRATIWI (2012) POLA PEMBINAAN SANTRI REMAJA DALAM UPAYA PENGENDALIAN TINDAK PENYIMPANGAN PRILAKU (Studi kasus di Pondok Pesantren Darul Falah, Batu Putuk, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
I PENDAHULUAN.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img] File PDF
VI SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (168Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tentang pola pembinaan santri remaja dalam upaya pengendalian tindak penyimpanan prilaku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan informan ditentukan dengan purposive sampling. Data diperoleh dari hasil wawancara dan menggunakan dokumen. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan reduksi data, display atau penyajian data, dan tahap kesimpulan. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Darul Falah, Batu Putuk, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, yang terdiri dari pihak pondok pesantren dan masyarakat sekitar pondok pesantren. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pembinaan yang dilakukan Pondok Pesantren Darul Falah lebih kepada pola pembinaan yang tertutup serta menggunakan peraturan tertulis sebagai pedoman dan bersifat kekeluargaan. Karena pembinaan seperti ini lebih efisien dibandingkan dengan pembinaan yang memaksa atau menggunakan kekerasan terhadap santri. Peraturan yang ada juga di sosialisasikan setiap saat tanpa ada batasan waktu yang ditentukan dan menggunakan media ceramah dan kitab-kitab klasik. Pengendalian penyimpangan prilaku dilakukan secara preventif oleh MPS. Nilai-nilai Islam yang merupakan hal yang paling penting dalam pendidikan pesantren diberikan secara sadar dalam memindahkan pola kehidupan nabi ke dalam praktek sehari-hari. Tanggapan dari masyarakat terhadap pola pembinaan dalam pondok pesantren berbeda-beda, ada masyarakat yang pro maupun kontra. Kata Kunci : Pola Pembinaan, Santri, Pengendalian, Penyimpangan Prilaku

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:53
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 02:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17623

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir