Nn, Rakhmalina Makki (2012) PENGARUH PERILAKU BIROKRASI TERHADAP PELAYANAN PUBLIK (Studi di Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung). Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (157Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Sikap dan perilaku birokrasi sangat terkait dengan masalah kualitas layanan publik. Rendahnya layanan publik merupakan hal yang menarik dan aktual untuk dikaji lebih serius, guna mengungkapkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Relevansi kajian layanan publik berkaitan dengan fenomena pelayanan yang rendah secara empirik mewarnai proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat yang terjadi di wilayah Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Kenyataan dengan sering diliput dalam berbagai media masa, antara lain: masih adanya organisasi pelayanan publik yang belum mampu memberikan pelayanan cepat, berkualitas tinggi, serta merata kepada para warga negara serta masalah pelayanan birokrasi lainnya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perilaku birokasi terhadap pelayanan publik dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan model analisis regresi linier sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pertanyaan tertutup, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Perilaku aparatur birokrasi pada Kantor Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung dapat dinyatakan baik. Khususnya kemampuan pada kerja, tanggungjawab, kedisiplinan, dan sopan santun. Kualitas pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung juga baik, dimana keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati yang menjadi indikator variabel pelayanan publik secara keseluruhan memiliki nilai yang berada dalam kategori baik secara uji statistik/regresi ternyata terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara perilaku birokrasi terhadap pelayanan publik. Maknanya semakin baik perilaku birokrasi maka akan semakin tinggi kualitas pelayanan yang diberikan kepada publik. Besarnya kontribusi perilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik adalah cukup baik. Berdasarkan hasil analisis, hal ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik perlu mempertahankan kualitas perilaku birokrasi dalam pelayanan publik, karena pengaruhnya secara jelas dapat mempengaruhi kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Kata Kunci: Birokrasi, Perilaku Birokrasi, Kepemimpinan, Pelayanan Publik
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan |
Pengguna Deposit: | tik9 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:57 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 02:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17648 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |