1013124003, Hartini (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Undangan Melalui Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Tangkit Serdang Pugung Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN JUDUL.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1 PENDAHULUAN.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (226Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4 HASIL PEMBAHASAN.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (276Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (18Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis surat undangan melalui teknik pemodelan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Tangkit Serdang Pugung Tanggamus tahun pelajaran 2011 / 2012. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis surat undangan siswa kelas V SD Negeri 2 Tangkit Serdang setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik pemodelan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Tangkit Serdang. Siklus I, model yang digunakan adalah contoh surat undangan ulang tahun, sedangkan pada siklus II model yang digunakan adalah contoh surat undangan keagamaan. Setiap siklus digunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan nontes. Instrumen tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis surat undangan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran. ii Berdasarkan analisis data, diketahui pada prasiklus, siklus I, dan siklus II menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. Prasiklus, nilai rata-rata kelas sebesar 46,67 dengan persentase ketuntasan 28,57%, pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat 49,52 dengan persentase ketuntasan sebesar 39,29%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 62,86 dengan persentase ketuntasan sebesar 85,71%. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa ke arah positif pada tiap siklusnya. Hal tersebut terlihat pada keaktifan dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis surat undangan melalui teknik pemodelan. Demikian juga dengan aktivitas guru yang mengalami peningkatan dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis surat undangan
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Daerah |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:58 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 02:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17655 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |