PERANAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK USIA 3-6 TAHUN. (Studi pada Orang Tua Siswa di PAUD Aisyiyah Ambarawa Kabupaten Pringsewu)

Nn, FINA FEBRUANINGRUM (2012) PERANAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK USIA 3-6 TAHUN. (Studi pada Orang Tua Siswa di PAUD Aisyiyah Ambarawa Kabupaten Pringsewu). Dugital Library.

[img]
Preview
File PDF
FINA FEBRUANINGRUM.pdf

Download (167Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kualitas pendidikan anak usia dini ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah aspek sosial budaya dengan pendekatan pendidikan multikultural (multi budaya) untuk pembangunan mental karakter anak. Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio-emosional (sikap dan perilaku serta agama), bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Rumusan masalah dari penelitian adalah “Bagaimanakah Peranan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Usia 3-6 Tahun?”. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Usia 3-6 Tahun di lembaga PAUD Aisyiyah Ambarawa, Kabupaten Pringsewu. Latar belakang penulis memilih PAUD Aisyiyah Ambarawa sebagai tempat penelitian adalah karena lembaga ini memiliki para pendidik berkualitas yang telah melewati seleksi kualifikasi pamong/guru, serta telah terbukti menghasilkan anak didik yang aktif dan baik dalam berkomunikasi. PAUD Aisyiyah Ambarawa merupakan peragaman jenis dari TK Aisyiyah Ambarawa dan juga merupakan wujud nyata dari keseriusan organisasi Aisyiyah dalam menyediakan sarana pendidikan bagi anak-anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Usia 3-6 Tahun di lembaga PAUD Aisyiyah Ambarawa, Kabupaten Pringsewu. PAUD Aisyiyah menerapkan 3 macam sentra dalam proses belajar mengajarnya. Pertama adalah Sentra Persiapan, yaitu mempersiapkan anak untuk pendidikan yang lebih tinggi nantinya. Kedua adalah Sentra Balok yang menitikberatkan pada materi yang berhubungan dengan kemampuan komunikasi verbal anak. Ketiga adalah Sentra Seni (Main Peran) yang menitikberatkan pada materi yang berhubungan dengan proses stimuli kemampuan berfikir anak. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif adalah metode yang melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara faktual dan cermat. Penelitain kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan suatu uraian mendalam tentang data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang dan prilaku yang dapat diamati dari suatu individu, kelompok, masyarakat, organisasi tertentu dalam suatu konteks setting tertentu. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aisyiyah Ambarawa melakukan perannya dengan baik dalam perkembangan kemampuan komunikasi anak didik usia 3-6 tahun. Hal ini terbukti dari perbandingan kemampuan anak didik saat sebelum dan saat sesudah belajar di PAUD yang menunjukkan pencapaian hasil yang baik. Pencapaian tersebut dirasakan oleh para informan sebagai perwakilan dari keseluruhan anak didik di PAUD tersebut. Kemampuan yang dimaksud adalah komunikasi verbal, komunikasi non-verbal, serta pemahaman dan empati anak didik. Seluruh kemampuan tersebut sesuai dengan standard pencapaian PAUD yang telah ditetapkan sebelumnya.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:58
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 02:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17656

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir