RESPON MAHASISWATENTANG BIMBINGAN BELAJAR AL-QURAN (BBQ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN (Studi Pada Mahasiswa Muslim Reguler FISIP Universitas Lampung Angkatan 2006-2009)

Nn, HIKMAH TIANA NURAINI (2009) RESPON MAHASISWATENTANG BIMBINGAN BELAJAR AL-QURAN (BBQ) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN (Studi Pada Mahasiswa Muslim Reguler FISIP Universitas Lampung Angkatan 2006-2009). Digital Library.

[img]
Preview
Text
HIKMAH TIANA NURAINI.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak

Bimbingan Belajar Al-Quran (BBQ) merupakan bentuk kegiatan diluar perkuliahan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa muslim Universitas Lampung. Kegiatan ini merupakan syarat untuk dapat lulus mata kuliah umum Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran mahasiswa muslim Universitas Lampung. BBQ dengan berbagai kegiatannya berusaha untuk membantu mahasiswa muslim Universitas Lampung mempelajari Al-Quran. Kewajiban mengikuti BBQ ini menimbulkan berbagai respon dari mahasiswa muslim Universitas Lampung. Bagaimana mahasiswa merespon tentang adanya kegiatan Bimbingan Belajar Al-Quran (BBQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca AlQuran merupakan rumusan masalah dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa mengenai adanya kegiatan Bimbingan Belajar AlQuran (BBQ) dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dimana yang menjadi responden adalah mahasiswa muslim reguler FISIP Universitas Lampung angkatan 2006-2009. Jumlah sampel pada penelitian ini 93 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner serta wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan BBQ mendapat respon yang baik dari mahasiswa muslim reguler FISIP Universitas Lampung angkatan 2006-2009. Berdasarkan penelitian ini, mahasiswa menunjukkan bahwa mereka menyukai mengikuti kegiatan BBQ, dan hal ini memperlihatkan respon yang baik mengenai kegiatan BBQ dilihat dari aspek afektif. Kemudian dilihat dari aspek kognitif, kegiatan BBQ memberikan peningkatan kemampuan membaca Al-Quran bagi mahasiswa. Tujuan dari kegiatan BBQ ini dapat dikatakan telah cukup berhasil. Selain itu komunikasi kelompok yang terjadi dalam kegiatan BBQ ternyata cukup efektif dalam membantu BBQ mencapai tujuannya. Hal ini karena dalam komunikasi kelompok setiap anggota dapat berinteraksi secara langsung, dan juga semakin sering pertemuan diadakan maka akan semakin meningkatkan rasa saling memiliki pada setiap anggota terhadap kelompoknya. Selain itu ternyata kegiatan BBQ juga mampu memotivasi mahasiswa untuk lebih baik dan rajin dalam beribadah.

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: tik9 . Digilib
Date Deposited: 15 Jan 2016 02:59
Last Modified: 15 Jan 2016 02:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17665

Actions (login required)

View Item View Item